Oleh-oleh di Rantau Kabupaten Tapin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Tapin merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Ibu kota kabupaten terletak di Rantau. Kabupaten salah satu kabupaten yang memiliki wisata, dan oleh- oleh yang wajib kamu kunjungi dan kamu bawa pulang.

    Baiklah kali ini kita akan membahas oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang jika berkunjung ke Kabupaten Tapin. Sebagai berikut.

    1. Manday

    Makan ini terbuat dari kulit nangka yang diawetkan dalam waktu yang cukup. Pengawetan cukup sederhana dengan mencampurkan garam dengan kulit nangka dan ditutup rapat. Untuk lama pengawetan tergantung selera masing-masing, semakin lama diawetkan maka rasanya akan semakin lezat. Oleh karena itu makan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

    1. Patin bauber

    Patin Bauber merupakan masakan ikan patin yang dibakar kemudian dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah selanjutnya dibakar menggunakan tungku sampai bumbu meresap kedalam ikan. Ikan patin ini banyak dijadikan oleh pengunjung untuk oleh-oleh dibawa pulang ke rumah karena rasanya yang sangat enak.

    1. Bingka

    Bingka adalah makanan yang memiliki bahan seperti berikut tepung terigu, santan, telur, garam, dan gula pasir. Kemudian bahan diaduk menjadi satu, selanjutnya adonan dipanggang menggunakan cetakan yang berbentuk seperti bunga. Ada beberapa varian rasa dari Bingka yaitu kentang, tapai , labu, dan pandan. Karena harga yang murah dan rasa yang enak membuat makan ini diburu oleh para pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh.

    1. Ipau Basumap

    Makan ini merupakan makanan tradisional Tapin yang sangat melegenda, dengan rasa yang begitu nikmat jika disantap bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Makan ini banyak diburu oleh pengunjung untuk di jadikan oleh-oleh karena bentuknya yang unik dan rasa yang sangat enak.

    1. Cabe rawit hiyung

    Cabe rawit ini bisa dijadikan alternatif untuk oleh-oleh, cabe rawit ini memiliki 17 kali kepedasan yang tinggidari dibandingkan dengan cabe rawit bisa. Jadi cabe ini cocok untuk para pecinta makan pedas.

    1. Rimpi

    Makan ini sekilas mirip dengan pisang goreng oleh karena itu banyak orang menyebut makanan ini Rimpi Goreng. Bahan utama makan ini yaitu pisang proses pembuatan Rimpi pisang tidak langsung digoreng namun pisang dijemur sampai kering selam 3 sampai 4 hari tergantung dengan cuaca.

    Rimpi merupakan makanan favorit kabupaten ini banyak pengunjung yang menjadikan Rimpi sebagai oleh-oleh.

    1. Ketupat haruam

    Kerupat ini sangat enak, banyak pengunjung memburu makan ini untuk dijadikan sebagai makanan utama dan oleh-oleh setelah berlibur di daerah ini. dengan harga yang murah dan bergizi jadi tidak heran jika banyak pengunjung yang memburu makanan ini.

    1. Kopiah jangang

    Kopiah ini merupakan kerajinan masyarakat lokal yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak hanya karya seni yang bagus, kopiah ini bisa tahan lama tentu kopiah ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh .

    1. Iwak pakasam

    Pembuatan Iwak Pakasam ini dibuat dengan cara ikan diberi garam dan semu, semu terbuat dari beras yang sudah ditumbuk namun masih berbentuk. Selanjutnya ikan didiamkan beberapa waktu. Karena maka ini bisa diawetkan dan tahan lama, banyak pengunjung yang menjadikan ikan ini sebagai oleh-oleh.

    Itulah beberapa oleh-oleh Tapin yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk memilih oleh-oleh jika berkunjung ke Tapin.(Tifa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-oleh di Rantau Kabupaten Tapin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar