Kebun Raya Katingan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kalimantan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki tingkat keberagaman Flora yang tinggi, dan juga termasuk seperti tumbuhan perdu, tumbuhan berkayu, dan banyak tumbuhan endemis yang bahkan sifatnya Langka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pulau Kalimantan dan pula Papua memiliki banyak sekali tumbuhan kayu pada Hutan Hujan Tropis yang memiliki harga jual yang tinggi, tak hanya itu Kalimantan dan Papua juga kaya akan beragam jenis buahan tropis. Seperti durian, jambu air,  jambu biji, nangka, cempedak, mangga, jambu mete dan lainnya.

    Menurut Ahmad Yatenglie yang salah satu pendiri Kebun raya Katingan, Tema Buahan tropis diambil karena Wilayah di Indonesia merupakan Wilayah Tropis, dan tentunya memerlukan tempat koleksi untuk tetap menjaga segala jenis buahan Lokal, Regional, Nasional, dan juga Dunia. Dan juga ini searah dengan Presiden Jokowi Dodo yang ingin mengurangi buah Impor.

    Pemerintah daerah mengalokasikan dana ke Kebun raya Katingan sekitar Rp 1 Miliar per tahun dari APBD, ini dilakukan agar Kebun raya Katingan dapat terus berkembang dan terjaga.

    Sampai saat sekarang ini, belum ada Kebun raya yang menjadi konservasi Ex situ di Indonesia. Dalam konteks tersebut, maka jadilah Kebun Raya Katingan sebagai Kebun Raya Ex situ tumbuhan dan buah-buahan asli, sekaligus pertama di Indonesia.

    Dan juga, Kalimantan kaya akan Tumbuhan obat-obatan yang bisa menjadi Potensi dalam pengembangan Kebun Raya Katingan, seperti tanaman Pasak Bumi, Seluang Beleum, Akar Kuning, Tabat Barito, dll. Dan juga Kelembagaan Kebun Raya Katingan berada dibawah Dinas Kehutanan Katingan UPTD Bukit Batu.  

    Menurut PP No. 93 tahun 2011, Kebun Raya merupakan Kawasan Konervasi secara Ex situ yang memiliki tumbuhan yang terdokumentasi dan di data berdasarkan pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersebut untuk kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan.

    Dan ada berbagai Kegunaan dan Fungsionalitas Kebun Raya, diantaranya :

    • Kebun Raya ialah sebagai Tempat dan juga sekaligus objek penelitian, serta menjadi sumber rujukan ilmiah
    • Kebun Raya adalah tempat pengenalan Flora sekaligus menjadi tempat pendidikan Konservasi untuk belajar
    • Kebun Raya adalah tempat Wisata yang dapat dinikmati keanekaragaman taman Flora nya dan maupun Sarana Pra-Sarana penunjang lainnya.
    • Kebun Raya adalah sebagai tempat pembantu dalam menyuplai Oksigen ke seluruh dunia

    Kebun Raya Katingan sendiri memiliki luas sekitar 102.5 Ha, dan sekitar 40 Ha diantaranya merupakan lahan gambut. Kebun Raya Katingan diresmikan pada tanggal 6 Desember 2016. Kebun Raya Katingan berlokasi di Jalan Cilik Riwut Km.13 Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Jika Anda berangkat dari Ibukota Kalimantan Tengah, yaitu Kota Palangkaraya, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 70 Km. Dan berjarak sekitar 40 Kilometer dari Ibukota Kabupaten Katingan, Kasongan atau kurang lebih selama satu jam perjalanan.

    Di Kebun Raya Katingan Kamu dapat menjumpai Gapura yang berada di gerbang masuk ke Kebun Katingan, Kantor untuk karyawan Kebun Katingan, Rumah Anggrek, Gazebo bagi pengunjung yang ingin beristirahat, Embung,  Pendapa (Rumah khas Kalimantan), dan juga Toilet. Angka pengunjung di Kebun Katingan relatif sepi, mengingat kebun ini masih baru dan memerlukan berbagai Fasilitas, Total pengunjung yang tercatat pada bulan Januari hingga Juni 2016, ialah sekitar 267 Pengunjung.

    Apakah anda berminat mengunjungi Kebun raya yang satu ini?(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kebun Raya Katingan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar