Makanan Khas Di Luwuk

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Luwuk merupakan kecamatan dan merupakan sebagai pusat pemerintahan di kabupaten Banggai provinsi Sulawesi Tengah. Kota Luwuk memiliki luas wilayah sekitar 72,82 kilometer2. Di Luwuk masih terdapat budaya tradisional yang masih tetap di pertahankan dan masih tetap di lestarikan oleh masyarakat lokal.

    Budaya di kota luwuk antara lain  ada upacara melabot tumpe. Upacara adat molabot tumpe ini merupakan upacara adat yang dilakukan setiap bulan September pada setiap tahunnya. Upacara adat molabot tumpe ini merupakan upacara yang memiliki sejarah berdirinya kabupaten Banggai.

    Selain memiliki budaya yang masih tetap terjaga di luwuk juga dikenal orang sebagai kota ber-air atau kota yang bersih, aman, indah dan rapih karena kota luwuk adalah kota terbesar yang berada di wilayah Sulawesi. Di luwuk juga memiliki suku sekitar 11 suku dan memiliki 3 suku asli diantara 11 suku tersebut. Kota luwuk memiliki kekayaan alam diantaranya ada minyak bumi, nikel dan gas alam.

    Selain bedomisili di sektor pertambangan, kota luwuk juga terdapat objek wisata yang menjadi spot terbaik yang di kunjungi oleh wisatawan pada masa liburan. Objek atau tempat wisata di kota luwuk diantaranya ada air terjun piala. Di daerah luwuk terdapat banyak air terjun tetapi air terjun piala merupakan air terjun yang unik karena memiliki air yang berwarna hijau dan cukup dekat dengan kota luwuk sehingga air terjun piala ini menjadi spot wisata yang ramai di kunjungi wisatawan.

    Selain air terjun piala di luwuk juga terdapat pulau dua balantak. Pulau dua balantak ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 3,5 jam dari kota luwuk. Pulau dua balantak menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi karena memiliki suasana yang nyaman dan tenang. Setelah mengunjungi spot wisata yang berada di luwuk, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba makanan khas dari luwuk tersebut. Makanan khas dari kota luwuk Antara lain:

    1. Milu Siram

    Milu Siram merupakan khas dari luwuk yang terbuat dari jagung. Milu Siram juga di campurkan dengan ikan tuna dan diberi bawang goring. Milu lebih enak jika anda mencapurkan dengan perkedel atau keripik. Milu siram ini memiliki rasa yang manis, asin dan pedas sehingga Milu siram ini wajib anda dan keluarga anda coba dan cicipi ketika anda berkunjung ke kota luwuk.

    2. Onyop

    Onyop merupakan makanan khas dari kota luwuk. Onyop merupakan makanan yang terbuat dari sagu. Onyop biasaya di sajikan dengan kuah asam sehingga wajib untuk di coba bagi anda dan keluarga anda saat berkunjung ke luwuk.

    3. Nasi Jaha

    Nasi Jaha merupakan makanan khas dari luwuk. Nasi Jaha ini terbuat dari beras ketan yang telah di lapisi dengan daun pisang. Setelah itu nasi jaha dibakar di bara api dengan cara yang masih dibilang tradisional. Nasi Jaha wajib anda coba ketika anda berkunjung ke kota luwuk Sulawesi tengah.

    4. Pisang Lowe

    Pisang Lowe merupakan makanan khas dari kota luwuk yang terbuat dari pisang yang sudah di kupas dan di belah menjadi beberapa bagian kemudian di goreng. Setelah itu, pisang lowe juga di makan menggunakan sambal terasi. Anda wajib mencoba pisang lowe ini saat berkunjung ke kota luwuk karena pisang ini memiliki rasa yang manis dan bercampur dengan rasa yang pedas.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Di Luwuk
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar