SIAKAD (Sistem Informasi Akademik ) UNJ

Daftar Isi

    LancangKuning.com - SIAKAD UNJ merupakan sebuah situs tentang Sistem Informasi Akademik dari Universitas Negeri Jakarta, SIAKAD UNJ bertujuan sebagai sarana pengolahan data atau sumber data dan juga sarana komunikasi dari mahasiswa, dosen maupun unit kampus lainnya, sistem akademik Universitas Negeri jakarta ini bisa diakses melalui alamat http://siakad.unj.ac.id/.

    SIAKAD ini bersifat sebagai sistem akademik yang diperuntukkan untuk kalangan tertentu, sehingga yang mengaksesnya seperti dosen, mahasiswa, unit akademik kampus untuk mengakses ini harus login dulu. Jika anda tidak mempunyai akun maka anda tidak bisa login ke SIAKAD UNJ tersebut. Namun halaman muka yaitu home sebagai fitur SIAKAD ini bisa diakses oleh siapa saja (umum).

    Tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, yang mana SIAKAD ini fungsinya sebagai sarana informasi dan juga pusat data yang tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam pengelolaan data kuliah dan tentunya dengan adanya administrasi yang terstruktur dan rapi akan membuat mahasiswa dan penggunanya lebih merasa nyaman , mungkin saja setiap perguruan tinggi mempunyai tampilan sistem akademik yang berbeda, terdapat 10 sub menu pada halaman bagian mahasiswa pada SIAKAD UNJ ini, diantaranya sebagai berikut :

    1. Ganti Password

    Pada menu ganti password ini, anda bisa mengganti password akun anda dengan password yang baru dengan cara memasukkan password lama terlebih dahulu baru password baru.

    1. Form Biodata

    Pada sub menu ini berisi tentang biodata pribadi dan anda harus mengisi biodata tersebut dengan benar dan lengkap, semua data wajib diisi dan tidak boleh dikosongkan, biasanya akademik sangat memerlukan data pribadi dari mahasiswanya karena itu merupakan data yang harus ada dan berhubungan dengan data universitas tersebut.

    1. Pengisian KRS (Kartu Rencana Studi)

    Pada menu ini, anda bisa mengisi KRS yang sesuai dengan matakuliah yang sudah diprogramkan dan di jadwalkan pada satu semester tersebut, ketika anda memilih matakuliah anda juga perlu melakukan bimbingan dengan pembimbing akademik.

    1. Lihat KRS/KHS

    Pada sub menu ini anda bisa melihat KHS atau KRS dengan cara pilih semester yang ingin dilihat kemudian klik lihat. Untuk mencetak dokumen tersebut anda bisa klik cetak KHS dan juga anda menu untuk cetak KRS.

    1. Daftar Hasil Studi

    Untuk melihat daftar studi anda bisa langsung klik menu daftar hasil studi kemudian akan muncul semua daftar studi lengkap beserta sks, nilai, bobot semester dan juga statusnya. Disini anda bisa melihat berapa nilai yang anda peroleh pada matakuliah tersebut dan anda juga bisa menentukan apakah anda gagal dan harus mengulang pada mata kuliah tertentu.

    1. Jadwal Kuliah

    Untuk melihat jadwal kuliah anda bisa langsung klik menu jadwal kuliah kemudian pilih semester yang ingin di lihat lalu klik lihat, nanti akan muncul semua jadwal kuliah yang bersangkutan yang anda ikuti pada semester yang bersangkutan, semua data jadwal matakuliah yang sudah anda lewati pada semester yang lalu bisa anda lihat pada sub menu jadwal kuliah ini.

    1. Pembayaran

    Pada menu pembayaran ini berisi tentang informasi pembayaran yang berhubungan dengan mahasiswa yang bersangkutan, mulai dari pembayaran uang kuliah setiap semesternya dan pembayaran lainnya.

    1. Pendaftaran PPL

    Anda bisa mendaftar PPL yang anda ikuti pada menu ini dan juga bisa melihat infromasi mengenai PPL tersebut.

    1. Account E-Mail

    Pada sub menu ini anda bisa saling mengirim email antar mahasiswa dan juga dosen dengan mahasiswa, bisa digunakan sebagai media komunikasi untuk sharing dan juga bertanya seputar matakuliah dan informasi akademik lainnya.

    Berikut merupakan informasi tentang Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Jakarta, apa saja menu-menu dan sub menu yang terdapat pada situs tersebut, semoga bermanfaat.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SIAKAD (Sistem Informasi Akademik ) UNJ
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar