Kesalahan Kecil yang 'Berbahaya' Saat Masak Telur Goreng

Daftar Isi

    Foto: ilustrasi telur (Raw Pixel)

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Tak ada orang yang mau terlambat ke kantor atau pergi liburan hanya karena telat sarapan.Telur goreng tentunya jadi salah satu cara paling sederhana untuk sarapan.

    Telur goreng memang praktis. Mau langsung goreng tanpa dikocok pun bisa, karena tinggal ditambah garam atau bumbu lain, rasanya sudah enak. Namun tetap saja, hal sepraktis ini tak lepas dari kesalahan-kesalahan kecil yang membuat telur goreng tak maksimal.

    Mengutip berbagai sumber berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memasak telur:

    1. Memecah telur dengan pinggir wajan

    Saat wajan sudah dirasa siap untuk menggoreng, telur pun dipecah dengan pinggiran wajan. Keuntungannya jelas, saat dipecahkan dengan teknik ini, kuning telur tetap utuh dan tidak akan menambah cucian kotor karena alat tambahan hanya untuk memecah telur.

    Akan tetapi cara ini bisa membuat telur goreng bercampur dengan serpihan cangkang telur. Sangat tak menyenangkan saat cangkang telur terselip di gigi.

    2. Kurang bumbu atau kelebihan

    Harus diakui menambahkan garam atau bumbu pada telur yang sudah ada di wajan agak sulit. Jika terlalu sedikit, rasanya hambar. Sedangkan terlalu banyak juga membuatnya terasa terlalu asin.

    Ada trik untuk memberi rasa pada telur goreng tanpa dan tak berlebihan. Caranya rendam telur mentah dengan air garam. Waktu 12-15 menit dirasa cukup bagi garam untuk menembus cangkang lalu telur siap digoreng.

    3. Salah pilih wajan

    Pilih wajan antilengket atau teflon. Jika wajan tidak memiliki lapisan antilengket, telur dengan mudah menempel pada wajan dan sulit untuk diangkat atau dibalik. Telur mengandung protein yang mudah menempel pada besi.

    Tambahkan butter atau minyak untuk mencegah menempelnya telur pada wajan. Pastikan telur terus bergerak agar tidak membentuk ikatan dengan besi.

    4. Wajan terlalu panas

    Tak butuh waktu lama untuk menggoreng telur. Namun tak tepat jika menggoreng telur dalam suhu wajan yang terlalu panas. Telur bisa gosong, namun belum matang sempurna

    Cukup panaskan wajan hingga suhu sedang. Saat telur sudah masuk, kecilkan api kompor.

    5. Telur tidak segera diangkat dari wajan

    Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan, sebaiknya saat telur matang, segera angkat dari wajan. Meski api sudah dimatikan, tetapi wajan tetap bisa menyimpan panas. Saat telur tak segera diangkat, proses menggoreng masih terus berlanjut sehingga telur yang awalnya sudah matang pas malah jadi overcooked. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kesalahan Kecil yang 'Berbahaya' Saat Masak Telur Goreng
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar