Tempat Wisata Di Pasangkayu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat pertama kali menginjakkan kaki di Kabupaten Mamuju (Matra), pada tahun 2004 silam , beberapa tahun setelah dimekarnya dari Kabupaten Mamuju, Kabupaten paling utara provinsi Sulawesi Barat(Sulbar) ini cukup tertinggal. Ibu Kota Kabupaten, Pasangkayu, masih sangat tidak meyakinkan. Jalan-jalan yang masih aspal lapen yang bopeng dengan sarana listrik masih 6 to 6, menyala dari jam sore sampai jam enam pagi. Walaupun aktivitas perindustrian sawit di kabupaten yang berjulukan “Bumi Vova Sanggayu” ini sanga luar biasa pesatnya.

    Sekarang kota Pasangkayu, sangat memikat hati berbagai fasilitas umum yang di peruntukan bagi rung public(public space) dan sangat teliti tertata dengan cantik menggunakan konsep lokal yang modern. Ibukota Mamuju utara ini memilki sejumlah ikon-ikon yang menunjukkan ciri khasnya, seperti Bundaran Smart yang dbangun pada tahun 2013 yang lalu, menampilkan tugu dengan bolaya yang bertuliskannya “Smart” dan dikelilingi air mancur. Dan ada pula space public yang melingkar pada tempat pengunjung berjalan kaki. Tidak hanya itu Bundaran Smart ini, dilengkapi pula berbagai pilar-pilar cantik yang bermotifkan kain yang menjadi ciri khas sejumlah suku-suku yang ada di Kabupaten Manuju Utara.

    Sedikit catatan tambahan, Kabupaten Matra di dukung oleh sedikitnya 14 suku yang berasal dari berbagai seluruh nusantara ini , oleh sebab itu kabupaten ini di juga di kenal sebagai miniature Indonesia. Perbedaan di antara suku-suku di Matra ini, telah menjadi kekuatan utama mendorong percepatan pembangunan. Dan tidak heran lagi kabupaten yang terbentuk berdasarkan uu no 7 tahun 2003ini pembangunan yang sangat cepat.

    Tidak hanya itu Bundaran Smart, Kota Pasangkayu juga memiliki ikon lain, seperti Masjid Madani yang indah dan mewah. Tempat ibadah ini memiliki halaman yang sangat luas dan sangat berbeda dalam kompleks perkantoran pemerintahan setempat. Dan ada juga, jembatan merah Pasangkayu (JMP), sebuah jembatan yang telah membantu Sungai Pasangkayu yang menuju lokasi Smart City, sebuah kota terbaru yang akan dibangku pemetintah Matra.

    Ikon dari kota Pasangkayu terbaru adalah pantai vova sanggayu, sebuah ruang publik yang sangat menakjubkan. Memiliki tata ruang modern ciri khas dan karakter lokal dari karakter lokal Mamuja Utara. Pada saat ini menjadi tempat berekreasi masyarakat dimana aneka jajanan kuliner di jajankan, seperti halnya di lokasikan di Bundaran Smart.

    Perubahan kota Pasangkayu menjadi sebuah obyek wisata yang terbaru di Sulawesi barat, dan tak terlepas dari kepiawaian dua insinyur, yaitu, Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP dan Budiansya, ST. Keduanya adalah Bupati Mamuju Utara dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mamuju Utara.

    H. Agus Ambo Djiwa, adalah Bupati Matra, yang telah menjabat selama  dua periode memimpin kabupaten penghasil sawit ini. Yaitu sosok orang yang penyabar, normative, bertutur kata halus, namun dengan pengalaman yang cukup meluas, juga seorang politis senior PDIP. Memiliki inovasi dan kreasi yang cepat dalam membangun kabupaten yang dipimpinnya.

    Sementara itu, Budiansya, ST, adalah sosok kepala dinas yang mahir di bidangnya. Alumni dari fakultas Teknik Universitas muslim Indonesia (UMI) ini, masih sangat muda dan enerjik. Ia adalah pribadi yang ramah dan cukup luas di kenal masyarakat selama ia menjadi sosok kepala dinas.

    Nah, itulah pembahasan tentang wisata Pasangkayu yang begitu menakjubkan dan banyaknya objek wisata di Kabupaten Mamuju Utara. Bagi anda yang ingin berlibur di Pasangkayu bersama keluarga, pasangan, teman. Tempat ini cocok untuk refrhesing dan bersenang-senang.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Wisata Di Pasangkayu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar