Rupiah Sore Ini Menguat Tipis ke Rp14.127 per Dolar AS

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi dolar AS

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Nilai tukarrupiah pada perdagangan sore ini berada di posisi Rp14.127 per dolar AS. Posisi tersebut melemah tipis 3 poin atau 0,02 persen dibandingkan penutupan kemarin Rp14.130 per dolar AS.

    Sementara itu, berdasarkan kurs referensi Bank Indonesia Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah berada di posisi Rp14.146 per dolar AS, menguat dibanding posisi kemarin Rp14.149 per dolar AS.

    Bersama dengan rupiah, baht Thailand menguat 0,22 persen, rupe India 0,48 persen, yuan China naik 0,08 persen.

    Sementara sebagian mata uang Asia bergerak melemah terhadap dolar AS. Yen Jepang melemah 0,19 persen, dolar Hong Kong 0,01 persen, dolar Singapura 0,01 persen, malaysia Ringgit 0,02 persen, won Korea 0,02 persen, dan peso Filipina melemah hingga 0,77 persen.

    Di sisi lain, mayoritas mata uang negara maju pada sore ini bergerak melemah. Euro melemah 0,05 persen, dolar Australia 0,18 persen, dan franc Swiss 0,19 persen. Namun, poundsterling Inggris berhasil menguat 0,09 persen.

    Analis sekaligus Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan pergerakan rupiah hari ini turut diwarnai oleh sentimen sinyal 'perdamaian' dagang antara AS dan China.

    "Saat ekonomi AS melaju lebih kencang, The Fed kemungkinan akan campur tangan agar tidak terjadi overheating. Kenaikan suku bunga acuan kemungkinan kembali dieksekusi," jelas dia, dilansir dari CNN Indonesia.

    Sentimen terhadap rupiah, menurut dia, juga datang dari perkiraan terhadap ekonomi China yang kian lemah di tahun ini. Pada hari ini, pemerintah China memangkas target pertumbuhan ekonomi tahun ini ke kisaran 6-6,5 persen dari sebelumnya 6,5 persen.

    "Jika yang terealisasi nanti adalah target pertumbuhan ekonomi di batas bawah 6 persen, maka itu akan menjadi pertumbuhan ekonomi terlemah dalam 3 dekade," terang dia.

    Kendati demikian, Ibrahim memperkirakan rupiah besok akan bergarak di rentang Rp14.080 per dolar AS hingga Rp14.200 per dolar AS. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rupiah Sore Ini Menguat Tipis ke Rp14.127 per Dolar AS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar