Portal Akademik UNAND

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Portal Akademik UNAND (Universitas Andalas) adalah sistem informasi kampus yang fungsinya sebagai informasi akademik yang ada di berbagai unit program studi atau fakultas juga sebagai sarana komunikasi antar akademika kampus. Kampus yang memiliki sistem akademik yang beragam dan bervariasi membutuhkan sebuah portal yang nantinya akan mengintegrasi semua informasi-informasi sehingga mempermudah semua untuk mengaksesnya.

    Pada Portal Akademik UNAND ini penggunaannya terdiri dari 3 jenis :

    1. Dosen
    2. Mahasiswa
    3. Administrator

    Petunjuk penggunaan Portal Akademik UNAND

    1. Sebelum masuk halaman utama pada Portal Akademik UNAND ini anda harus login terlebih dahulu dengan memasukkan username dan password.

    1. Kemudian akan muncul halaman selamat datang bagi kamu yang masuk baru pertama kali ke Portal Akademik UNAND ini, jika sudah pernah masuk mungkin tidak ada lagi kata-kata itu.

    1. Setelah itu nanti ada menu profil yang menampilkan tentang profil data pribadi anda

    1. Pada Portal Akademik UNAND ini ada menu informasi mata kuliah yang di tawarkan, ini merupakan salah satu menu pada Portal Akademik UNAND yang nantinya bisa menampilkan daftar mata kuliah yang akan di selenggarakan pada fakultas bersangkutan untuk semester yang aktif.

    Berikut merupakan langkah-langkah untuk melihat matakuliah yang di tawarkan, sebagai berikut:

    1. Pilih menu informasi matakuliah yang ditawarkan
    2. Kemudian pada halaman datar matakuliah ditawarkan, anda pilih sistem informasi akademik fakultas yang ingin anda lihat, kemudian tekan tombol lihat.
    3. Nanti akan muncul tabel yang berisi datar matakuliah yang akan ditawarkan. Jika anda ingin lebih mengetahui lebih lanjut tentang informasi kelas mata kuliah, maka anda bisa klik nama kelas pada mata kuliah yang terdapat di kolom kelas sehingga nanti akan muncul halaman detail kelas tersebut.
    4. Kemudian jika anda ingin kembali ke halaman datar matakuliah ditawarkan bisa menekan tombol kembali.

    1. Kartu Rencana Studi

    Pada menu ini anda bisa menggunakannya untuk mengelolanya dengan menambah data rencana studi, menghapus ataupun mencetaknya. Anda juga bisa memilih matakuliah apa yang ingin anda ikuti untuk semester berikutnya dan juga berapa sks yang akan anda ambil untuk semester selanjutnya.

    1. Transkrip Nilai

    Pada menu transkrip nilai ini anda bisa melihat transkrip nilai kita atau semua nilai matakuliah yang sudah anda ikuti, disana juga ada jumlah sks yang sudah di ambil, jumlah matakuliah dan juga IPK.

    1. Perpustakaan

    Pada menu perpustakaan ini, biasanya digunakan untuk melihat daftar koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan dan anda juga bisa melakukan pemesanan buku untuk anda pinjam. Selain itu pada menu perpustakaan ini juga anda menu history dimana anda bisa melihat history peminjaman yang pernah anda lakukan.

    1. Informasi Akademik

    Pada menu Informasi Akademik ini, anda bisa menampilkan dan juga melihat apa saja informasi yang anda untuk mahasiswa pada fakultas tersebut. Seperti, pelaksanaan ujian akhir, test dan juga informasi lainnya.

    1. Forum Diskusi

    Pada halaman ini biasanya digunakan untuk sarana diskusi antar civitas akademik. Pada forum diskusi ini memiliki banyak kategori diantaranya perkuliahan, teknologi informasi dan komunikasi, hobby, khusus, Iptek, usulan, kritik, saran dan lain-lain.

    1. Messaging

    Pada menu ini kamu bisa menggunakannya untuk mengirim pesan, menghapus pesan yang masuk yang tidak dibutuhkan, membalas pesan dan juga melihat pesan masuk. Anda juga bisa mengirim pesan ke dosen tentang matakuliah atau pertanyaan seputar matakuliah terhadap dosen yang bersangkutan.

               

    1. Ganti Password

    Pada menu ganti password ini anda bisa mengganti password jika anda ingin mengganti password akun anda, biasanya pada awal jadi mahasiswa baru yang diberikan itu adalah password default, dan sekarang anda ingin menggantinya agar lebih aman dan hanya anda saja yang bisa membukanya.

    Itulah sekilah mengenai portal kampus milik Universitas Andalas. Bagi mahasiswa baru yang merasa bingung bisa mengikuti tutorial ini.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Portal Akademik UNAND
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar