Cara Mengisi KRS di SIAT UNPAD

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Unpad merupakan singkatan dari Universitas Padjadjaran. Unpad merupakan salah satu kampus negeri yang terletak di Jawa Barat. Berpusat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Unpad memiliki beberapa cabang, yaitu di Bandung, Arjasari, Pangandaran, dan Garut.

    Status Unpad yang dulunya berupa Badan Layanan Umum atau disingkat BLU, kini telah berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau dapat disingkat menjadi PTN BH. Perubahan status ini terjadi pada 20 Oktober 2014, dimana presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Peraturan Pemerintah (PP). Di samping itu, Unpad memiliki akreditasi A menurut BAN PT pada tanggal 16 januari 2014.

    Nama Padjadjaran yang melekat pada Unpad, berasal dari nama kerajaan yang terkenal di kalangan masyarakat Sunda pada masa itu, dan masih terkenal juga sampai sekarang. Nama kerajaan itu adalah Kerajaan Padjadjaran, dengan Prabu Siliwangi sebagai rajanya.

    Pada tanggal 11 September 1957, Unpad resmi berdiri, dan pada tanggal 24 September 1957, Presiden Soekarno yang meresmikannya. Pada mulanya, Unpad hanya memiliki 4 fakultas. Namun, seiring dengan perkembangannya, kini Unpad telah memiliki 16 fakultas. Adapun beberapa fasilitas yang terdapat di Unpad, antara lain pemondokan, ruang pertemuan, perpustakaan, sarana olahraga, angkutan kampus, dan lain sebagainya.

    Unpad juga memiliki Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) untuk mempermudah mahasiswa, dosen, dan civitas akademika Unpad lainnya dalam memproses data dan informasi yang berhubungan dengan akademik. Bagi mahasiswa Unpad yang ingin melakukan pengisian KRS, cukup dengan mengakses laman https://students.unpad.ac.id.

    Namun, untuk melakukan pengisian KRS, tentu para mahasiswa harus sudah terdaftar dulu sebagai mahasiswa Unpad, agar memiliki PausId atau Padjadjaran Authentication System Identity. Jika telah memiliki PausId, mahasiswa dapat login ke laman tersebut dengan username dan password yang telah diberikan saat registrasi masuk Unpad.

    Sebelumnya, untuk kamu yang belum tahu apa itu KRS, KRS merupakan singkatan dari Kartu Rencana Studi. KRS ini berupa daftar mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa setiap semesternya. Pengisian KRS biasanya dilakukan sebelum memasuki masa perkuliahan. Untuk jadwal pengisian KRS sendiri, biasanya tergantung kampus tempat mahasiswa itu berasal. Mata kuliah yang dipilih pada KRS terdiri dari mata kuliah wajib dan pilihan.

    Di Unpad sendiri, pengisian KRS dapat dilakukan secara online dengan mengakses SIAT Unpad. Mahasiswa baru bisa mengisi KRS online ketika telah memasuki jadwal pengisian KRS. Pada halaman pengisian KRS di SIAT Unpad, terdapat deretan mata kuliah yang tersedia di sana, dan dapat dipilih oleh mahasiswa.

    Jika saat ini kita sedang berada di semester genap, maka mata kuliah yang bisa diambil hanya mata kuliah di semester genap. Begitu juga dengan semester ganjil. Jadi, jika ingin mengambil mata kuliah satu semester sebelum atau sesudahnya, harus menunggu satu semester dulu baru bisa mengambilnya.

    Pada halaman pengisian KRS online tersebut, terdapat nama mata kuliah, kelas, jumlah SKS mata kuliah, dan jadwal dari setiap mata kuliah. Dengan begitu, mahasiswa yang ingin mengambil mata kuliah itu bisa menentukan dulu, apakah mata kuliah yang mereka ambil bertabrakan dengan jadwal mata kuliah lainnya atau tidak.

    Setelah selesai memilih mata kuliah yang diambil 1 semester itu, selanjutnya tekan tombol “Simpan”. Dengan begitu, data yang mahasiswa isi tadi akan tersimpan. Mahasiswa selanjutnya harus mencetak KRS tersebut, dan diserahkan ke dosen wali pada saat perwalian. Pada saat perwalian, mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen wali jika masih ragu dengan pilihan mata kuliahnya. Setelah berkonsultasi dan telah disetujui oleh dosen wali, serta masa pengisian KRS telah berakhir, maka mahasiswa tidak dapat lagi megubah KRSnya.

    Namun, jika mahasiswa tersebut merasa kurang cocok dengan mata kuliah yang diambil, maka ia bisa melakukan Perubahan KRS pada jadwal yang telah ditetapkan. Biasanya PKRS berlansung setelah minggu pertama masa perkuliahan dimulai.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengisi KRS di SIAT UNPAD
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar