Tutorial SIAK PNP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hampir setiap Perguruan Tinggi memiliki Sistem Informasi Akademik (SIAK) atau lebih dikenal dengan Portal Akademik. Sistem Infomasi Akademik berisi Informasi yang berhubungan dengan akademis setiap jurusan, selain itu sistem informasi akademik juga digunakan untuk sarana komunikasi mendapatkan informasi tentang civitas kampus.

    Biasanya sistem informasi akademik berisi data mahasiswa, nilai, dan lainnya. Dikarenakan informasi akademik setiap kampus banyak diharapkan dengan adanya portal akademik informasi akademik dapat dikelola dengan baik sehingga pengambilan keputusan kampus mejadi lebih cepat. Baiklah kali ini kita akan mengupas sedikit Sistem Informasi Akademik (SIAK) Politeknik Negeri Padang.

    1. Pertama buka alamat Sistem Informasi Akademik (SIAK) Politeknik Negeri Padang (PNP) yaitunya http://siak.polinpdg.ac.id/. Maka akan tampil tampilan halaman login seperti berikut ini:

    1. Setelah tampil halaman login masukkan username dan password yang mana username dan password ini adalah nomor BP dan password sesuai yang kamu set. Jika kamu mahasiswa baru password defaultnya adalah angka satu sampai angka enam.
    2. Setelah masuk username dan password klik tombol sign in maka akan tampil home pada sistem informasi akademik ini seperti berikut:

    1. Dapat dilihat bahwa terdapat beberapa menu pada SIAK PNP baiklah kita akan membahas menu mahasiswa terlebih dahulu

    1. Pada menu mahasiswa terdapat beberapa sub menu. Menu data mahasiswa digunakan  oleh mahasiswa untuk mengisi data diri, data orang tua, dan data lainnya yang berhubungan dengan mahasiswa. Untuk mengubah data mahasiswa klik ubah bagian ini yang ada di atas foto mahasiswa.

    1. Selanjutnya menu pembayaran SPP menu ini berisi daftar SPP yang sudah dan akan dibayar oleh mahasiswa.

    1. Lalu menu tagihan yang berada paling bawah menu ini berisi tagihan uang SPP yang harus dibayarkan oleh mahasiswa. Untuk tampilan sama dengan pembayaran SPP.
    2. Selanjutnya menu prakuliah untuk menu prakuliah berisi informasi tentang hal yang harus dilakukan sebelum perkulihan.
    3. Kemudian menu perkulihan menu ini berisi informasi tentang perkuliahan.
    4. Lalu menu pasca kuliah menu ini merupakan menu yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mencetak lapor mahasiswa atau lebih dikenal dengan KHS atau Kartu Hasil Studi.

    1. Selanjutnya kita akan membahas menu alumni menu ini berisi data wisuda yang akan terisi otomatis jika kita sudah menjadi alumni dari Politeknik Negeri Padang.

    1. Menu berikutnya yaitu menu data master. Menu ini berisi informasi tentang seputar Politeknik Negeri Padang Seperti jurusan, prodi, jalur masuk, kurikulum, dan data matakuliah.

    1. Menu terakhir yaitunya menu user yang memiliki dua sub menu seperti berikut.

    1. Menu kotak pesan merupakan menu yang berisi pesan yang mana pesan dapat kita saring berdasarkan tanggal.

    1. Menu ubah password berfungsi untuk mengubah password default menjadi password yang kita inginkan. Ubah password ini wajib untuk dilakukan agar data mahasiswa aman dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Untuk mengubah password cukup mudah dengan memasukkan password lama, kemudian password baru, dan ulang kembali password baru kemudian simpan perubahan mudah bukan. Atau tekan klik batal jika tidak ingin mengubah password kamu.

    1. Selanjutnya kita akan membahas cara keluar dari SIAK untuk keluar dari SIAK ini cukup mudah dengan klik logout yang ada di bagian kiri atas yang ada di samping tulisan beranda. Jika kamu logout maka tampilan akan kembali lagi pada halaman login.

    Itulah informasi tentang Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Padang. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tutorial SIAK PNP
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar