PKPU Kembali Donasi Dapur Air Bagi Korban Banjir Kuansing

Daftar Isi

    Foto: PKPU

    LancangKuning.Com, KUANSING - Pada hari Rabu (27/02/2019) telah terjadi banjir bandang di 2 Kecamatan Kabupaten Kuantan Singingi. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Gunung Toar dan Kecamatan Kuantan Mudik. Banjir bandang yang terjadi disebabkan akibat meluapnya sungai batang Petapahan yang disebabkan oleh tingginya curah hujan yang terjadi terus-menerus.

    Desa-desa yang terdampak dalam banjirr bandang ini menimpa 9 Desa yang terdiri dari 2 desa dari Kecamatan Gunung Toar yaitu 268 KK Desa Petapahan dan 10 KK Desa Toar dan 7 desa dari Kecamatan Kuantan Mudik yaitu 26 KK Desa Pantai, 30 KK Desa Seberang Cengar, 23 KK Desa Koto Cengar, 14 KK Desa Rantau Sialang, 10 KK Desa Kasang, 8 KK Desa Kinali dan 10 KK Desa Luai.

    Baca Juga: PKPU Dirikan Layanan Bantuan untuk Korban Banjir Kuansing

    Jumlah rumah rusak berat terdapat 30 unit, rumah rusak ringan 70 unit dan rumah hanyut 12 unit.
    Total jumlah rumah yang terendam di Kecamatan Gunung Toar sebanyak 278 KK, dan 121 KK di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.

    Selain rumah warga, banjir juga merendam fasilitas sekolah dan tempat ibadah. Terdapat 4 sekolah yang terendam yaitu SD 009 Petapahan, SMP Satu Atap Petapahan, SMA 1 Gunung Toar dan MDTA Dusun 1.

    Dan terdapat 4 tempat ibadah yang terendam yaitu Masjid Al-Mukorrobin, Mushola Bhakti Ilahi, Mushola Nurul Ikhsan dan Mushola Huda. Banjir bandang yang merendam hingga ketinggian hingga 2 meter hampir setinggi atap rumah.

    Dalam hal ini PKPU Human Initiative Riau telah menjalin koordinasi dengan pihak desa setempat untuk penanganan banjir tersebut.

    Bersama tim relawan dan masyarakat setempat, PKPU Human Intiative Riau telah mendirikan Dapur Air di Desa Petapahan bersama dapur umum sebagai respon tanggap bencana pertama untuk memenuhi kebutuhan minuman yang sulit akan air bersih akibat banjir bandang. Dalam bantuan dapur air ini, PKPU menyediakan minuman hangat seperti kopi, teh, susu untuk masyarakat korban banjir.

    Selain itu juga karena kondisi desa, sedang tidak dialiri listrik bersama masyarakat PKPU memfasilitasi masyarakat menghidupkan genset agar desa diterangi cahaya lampu.
    Saat ini, masyarakat masih membutuhkan uluran bantuan kepada seluruh donatur berupa bantuan paket sembako, pakaian layak pakai, hygiene kits, perlengkapan sekolah, dan obat-obatan.

    Bantuan donasi peduli Banjir Kuansing ini dapat disalurkan melalui rekening PKPU Human Initiative Riau yakni ke Bank Syariah Mandiri (BSM) no 5051.6061.77 an PKPU. Alamat kantor Jalan Paus Ujung No. 1 B Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PKPU Kembali Donasi Dapur Air Bagi Korban Banjir Kuansing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar