Portal Akademik UNP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap Perguruan Tinggi atau kampus tentu saja membutuhkan yang namanya portal akademik atau Sistem Informasi Akademik (Siakad) kampus, terutama kampus yang memiliki jumlah mahasiswa dan tenaga kerja yang banyak. Akan banyak kendala dalam memanajemen aktivitas kampus dan akademik kampus jika tanpa bantuan dari Portal Akademik dikarenakan kondisi kampus yang memiliki ragam informasi serta data yang bervariasi.

     Portal Akademik akan menghubungkan semua informasi terkait dengan akademis yang ada disetiap unit-unit atau bagian kampus. Semua informasi mengenai civitas kampus terekam di dalam Portal Akademik baik itu data dosen, mahasiswa, transkrip nilai, jadwal dan data lainnya. Karena ragam kegiatan dan aktivitas itulah menjadi alasan sebuah kampus harus memiliki Portal kampus.

    Dengan adanya Portal Akademik, tentu saja akan diharapkan nantinya segala informasi akademik kampus bisa dikelola dengan baik dan tentu saja itu akan sangat berguna untuk mengambil keputusan untuk masa depan kampus.

    Berikut ini kita akan membahas mengenai portal Akademik Universitas Negeri Padang (UNP), mungkin sebagian dari mahasiswa UNP belum terlalu paham dengan portal yang mereka miliki terutama mahasiswa baru. Tentu saja masih meraba-raba dalam menggunakan portal akademik.

    1. Langkah pertama yang harus kita lakukan agar bisa mengakses portal adalah mengetahui alamat portal yaitu https://portal.unp.ac.id/ pada browser kamu. Setelah portal berhasil dibuka maka akan langsung masuk ke halaman login seperti yang terlihat pada gambar berikut :

    1. Pada tampilan di atas kita harus memasukan user, password dan jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Setelah semua diisi dengan benar, kamu bisa menekan button Sign In dan kamu akan langsung berhasil login ke dalam Portal Akademik.
    2. Setelah kamu berhasil login, maka kamu akan masuk ke halaman beranda atau halaman utama yang bisa di lihat pada gambar berikut :

    1. Dalam portal Akademik UNP banyak sekali ragam menu yang setiap menu tentu saja memiliki fungsinya masing-masing. Pada portal ini sebagai mahasiswa kamu bisa mengisi KRS, mencetak KRS, melihat jadwal kuliah, melihat KHS sekaligus mencetaknya, melihat ruangan belajar dan menu lainnya yang bisa dilihat pada gambar berikut :

    1. Pada kesempatan ini kita akan mencontohkan cara pengisian KRS yang bisa memilih menu Kartu Rencana Studi dan akan muncul tampilan sebagai berikut :

    1. Setelah itu, jika ingin melakukan pengisian pada KRS maka akan muncul tampilan berikut :

    1. Apabila ingin mencetak KRS yang sudah diisi bisa memilih menu cetak KRS, lalu memilih semester dan klik gambar print.

    1. Selain proses pengisian KRS kamu juga bisa melihat hasil belajar kamu yaitu pada menu Hasil Studi, seperti yang terlihat pada gambar berikut :

    1. Apabila kamu ingin melihat profil, kamu bisa memilih menu profil dan akan muncul semua identitas atau profil kamu seperti gambar berikut :

    1. Jika kamu ingin mengganti password kamu, kamu bisa melihat pada bagian sudut kanan pada My Account dan kamu pilih Change Password seperti gambar berikut :

    1. Setelah kamu memilih Change Password maka kamu akan dihantar pada tampilan penggantian password dan kamu akan diminta memasukan password lama dan baru.

    Nah, itulah beberapa langkah dan menu-menu yang ada pada portal UNP, bagi kamu yang mahasiswa UNP merasa bingung dengan portal Akademiknya semoga bisa terbantu dengan tutorial ini. Semoga bermanfaat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Portal Akademik UNP
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar