Oleh-Oleh Khas Lombok Kota Mataram

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Wisata di lombok ini memang banyak dipilih oleh para wisatawan setelah bali. Di Lombok ini memiliki beberapa wisata alam yang sama atau mirip dengan wisata di Bali namun masih alami dan asri.

    Beberapa makanan khas dari Lombok yang dapat kamu bawa pulang :

    1. Madu Sumbawa

    Madu ini walaupun berasal dari Sumbawa madu ini mudah di dapatkan di lombok, tidak heran apabila madu Sumbawa menjadi oleh-oleh khas dari Lombok yang dapat kamu bawa pulang. Salah satu keunikan madu ini ialah berasal dari lebah yang bersarang di karang-karang putih. Madu ini mempunyai banyak sekali khasiat dapat mengobati beberapa penyakit dan juga menjadi salah satu metode dalam pengobatan nabi saw. Madu ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga imun tubuh.

    1. Susu kuda liar Sumbawa

    Susu kuda liar Sumbawa, siapa lagi yang tidak mengenal manfaat dari susu kuda liar ini , yaitunya dipercaya untuk stamina pria dewasa dan rasanya juga berbeda dengan susu sapi, rasa susu kuda liar ini mirip dengan susu kambing. Kemasan susu kuda liar ini tak berbeda dengan kemasan madu, susu kuda liar Sumbawa ini juga tersedia dengan kemasan menggunakan botol beling. Botol ini tebal dan juga dipercaya dapat menjaga kesegaran pada kesegaran pada susu kuda liar Sumbawa.

    1. Dodol rumput laut

    Dodol khas lombok ini tidak kalah enak nya dengan dodol khas garut. Dodol di lombok ini memilki ciri khas yang unik karena dodol ini terbuat dari rumput laut. Rumput laut ini pada umumnya digunakan untuk bahan untuk membuat agar-agar yang berguna untuk pencernaan karena rumput laut ini mempunyai banyak serat.

    Dodol rumput laut ini sangat mudah untuk di konsumsi dan juga tahan lama untuk dijadikan camilan untuk para tamu di rumah.

    1. Kalung mutiara

    Keindahan mutiara lombok sudah dikenal oleh banyak orang, belum lengkap rasannya jika kamu belum membeli mutiara asli dan juga pernak pernik dari lombok ini. Pusat budidaya mutiara ini yaitu di air tawar dan air asin. Jenis mutiara ini juga membedakan warna dan bentuknya. Di lombok kampung yang terkenal sebagai sentra dalam menghasilkan mutiara ialah kampung Sekarbela.

    1. Minyak gosok Sumbawa

    Setelah berwisata dan berjalan jauh, enak dong jika di pijet. Supaya pijatan makin enak dan yahud, kamu dapat menggunakan minyak gosom Sumbawa , minyak gosok ini terbuat dari bahan bakar lawang yang berkhasiat untuk mengusir masuk angin dan juga pegal-pegal.

    Minyak gosok ini sudah secara turun temurun digunakan, dengan ciri khas bau akar lawang.

    1. Kaos Lombok

    Semua tempat pasti memilki kaos unik dengan desain dan tulisan yang menarik, serta nama tempat wisatanya. Contohnya seperti kaos cak cuk, joger bali, dan masih banyak lagi.

    Di lombok juga mempunyai kaos yang berciri khas pesona laut contoh nya seperti penyu serta dengan hiasan pemandangan laut yang lainnya. Jika kita membeli dengan jumlah banyak maka harga yang kita dapatkan akan semakin murah. Kaos lombok ini sangat cocok untuk para remaja dan anak muda.

    1. Kain songket sasak

    Indonesia juga dikenal dengan baju tradisionalnya, bahan yang pakai untuk kain songket sebagian menjadi warisan budaya masyarakat lombok. Tidak heran jika harga songket lombok ini lebih mahal, karena bahan dan kuwalitas nya sudah tidak diragukan lagi.(Wini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-Oleh Khas Lombok Kota Mataram
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar