Keunikan Pulau Sumbawa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sumbawa adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mungkin sebagian dari anda mengenal Kabupaten Sumbawa dengan produksi susu kuda liar, madu, dan sebagainya. Pulau Sumbawa diapit oleh-oleh Pulau Komodo di sebelah timur dan Pulau Lombok di sebelah barat.

    Dari segi geografis, Pulau Sumbawa lebih mirip dengan Pulau Sumba dan Flores, yaitu dengan cuaca yang kering dan panas, padang savanna yang mendominasi daratan, dan juga kontur tanah yang berupa gunung-gunung. Gunung-gunung yang terdapat disini ditumbuhi oleh pohon-pohon kerdil dan bebatuan yang seperti menyembul dari tanah.

    Bila musim kemarau tiba, anda akan melihat pemandangan berwarna cokelat yang eksotis nan mirip dengan afrika. Ladang sawah yang awalnya ditumbuhi oleh tanaman padi, maka pada musim kemarau anda akan melihat banyaknya ilalang yang tumbuh.

    Kabupaten satu ini memiliki banyak keunikan baik dari segi, tadisi, makanan khas, dan juga seni budaya.

    1. Tradisi

    – Barapan Kebo

    Barapan Kebo atau dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Balapan Kerbau, merupakan salah satu dari tradisi nan unik yang dimiliki oleh Kabupaten Pulau Sumbawa. Tradisi Barapan Kebo ini akan dilakukan ketika usai musim panen padi, kerbau yang digunakan merupakan kerbau yang memang suka dengan kubangan air.

    Barapan Kebo ini merupakan sepasang kerbau yang berpacu lari dengan sepasang kerbau yang lainnya untuk mencapai garis finish, sepasang kerbau akan dikendalikan oleh seseorang yang disebut dengan joki. Balapan kerbau ini dibagi menjadi beberapa kelas yaitu umur 2 tahun hingga 5 tahun, kelas yang dimaksud adalah kerbau yang akan digunakan bukan joki yang akan mengendalikan kerbau.

    – Main Jaran

    Sama seperti Barapan Kebo, hanya saja pada tradisi Main Jaran hewan yang digunakan adalah kuda. Permainan ini sangat digemari oleh masyarakat Sumbawa bahkan ada juga yang berasal dari Pulau Sumbawa yang rela datang ke kabupaten ini hanya untuk melihat permainan ini.

    Seiring dengan berkembangnya zaman, para joki yang mengendarai kuda sudah mulai memperhatikan keselamatan mereka yang bisa dilihat dengan adanya atribut keselamatan yang digunakan oleh joki maupun kuda itu sendiri.

    2. Makanan Khas

    – Singang

    Singang adalah makanan tradisional masyarakat Pulau Sumbawa. Masakan berbahan khas ikan segar ini sangat diminati oleh masyarakat sekitar. Rasa dari masakan ini sangatlah nikmat dan akan menggugah selera anda karena kuahnya yang kuning ditambah hijau daun kemangi dan merah cabe rawit, membuat masakan ini terlihat segar.

    Jika anda ingin menikmati masakan satu ini, anda bisa menemukannya di rumah makan yang ada disana, karena masakan ini termasuk mudah untuk ditemukan. Uniknya jika kita ingin menikmati masakan ini kita bisa bebas memilih ikan yang akan di jadikan bahan dasar sesuai dengan ikan yang tersedia, hanya saja mereka akan menganjurkan menggunakan ikan bandeng ataupun kakap.

    – Sepat  

    Makanan ini hanya akan anda temukan pada bulan puasa saja, sehingga anda dapat menikmatinya hanya selama bulan puasa saja karena masakan ini bisa dibilang jarang pada bulan atau hari-hari biasa. Masakan ini terbuat dari ikan yang dibakar yang dihidangkan dengan kuah yang lezat.

    3. Seni Budaya

    – Tari Nguri

    Tari ini adalah tarian yang bertemakan penyambutan dan juga persembahan. Pada awalnya tarian ini diilhami dari kehidupan di istana Kerajaan Sumbawa, pada suatu saat raja ditimpa kesedihan berturut turut, lalu datanglah beberapa wanita datang menghadap raja untuk menghibur raja.

    Sesuai dengan berkembangnya zaman tari ini semakin membuka jendela wawasan, sebagai tari yang penyambutan dalam menerima kunjungan kerja tamu yang terpandang dari pusat.

    Demikianlah beberapa keunikan dari pulau Sumbawa, minat berkunjung ke Pulau Sumbawa?, sekian dari saya, semoga bermanfaat.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keunikan Pulau Sumbawa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar