Sungai di Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sungai merupakan aliran air yang panjang dan besar yang terus mengalir dari hulu ke hilir secara terus menerus. Sungai dapat di jadikan sebagai tempat untuk irigasi, sumber kehidupan, pembangkit listrik, dan masih banyak lagi. Sungai merupakan bagian dari siklus Hidrologi.

    Air yang berada di Sungai biasanya terkumpul dari air hujan, mata air maupun berasal dari lelehan es dari negara yang berdekatan dengan es. Sungai memiliki banyak jenis, baik dari jumlah airnya, genetiknya, maupun dari sumber airnya. Sungai juga memiliki ancaman yang berbahaya jika hujan terus menerus yang membuat air di sungai penuh dan mengakibatkan banjir di daerah sekitar sungai.

    Sungai dapat di jadikan sebagai tempat wisata. Sungai juga tempat yang cocok bagi para pemancing untuk memancing ikan di sungai. Ikan yang berada di sungai memiliki rasa daging yang  luar biasa di bandingkan dengan ikan yang di tempatkan di kolam terpal maupun kolam semen.

    Di sungai juga dijadikan sebagai tempat perekonomian penduduk yang berada di sekitar sungai tersebut. Di negara Indonesia terdapat berbagai macam nama-nama sungai maupun danau. Salah satunya adalah Provinsi Riau. Provinsi Riau juga memiliki sungai diantaranya sebagai berikut:

    1. Sungai Batang Kuantan

    Sungai Batang Kuantan terletak di kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Sungai Batang Kuantan ini memiliki panjang sekitar 500 kilometer. Sungai Batang Kuantan ini di jadikan sebagai jalur saat penduduk lokal melaksanakan event tahunan yaitu pacu jalur. Sungai Batang Kuantan ini berhulu dari Danau Singkarak, Sumatera Barat. Dulu, Sungai Kuantan airnya jernih dan masih banyak ikan maupun udang yang hidup tetapi saat sekarang ini sungai ini memiliki air yang sudah tidak jernih lagi karena penduduk lokal melakukan penambangan emas sehingga membuat air di sungai Batang Kuantan ini menjadi keruh.

    2. Sungai Kampar

    Sungai Kampar terletak di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Sungai Kampar ini memiliki panjang sekitar 414 kilometer. Sungai Kampar ini berhulu bukit barisan dan bermuara di pesisir bagian timur pulau Sumatera. Sungai Kampar ini di manfaatkan sebagai tempat untuk turbin pembangkit listrik tenaga air. Sungai Kampar ini terkenal oleh ombak Bono yang di hasilkan akibat pertemuan dari air laut dan air sungai. Ombak Bono ini terjadi apabila saat pasang. Sungai Kampar ini merupakan gabungan dari dua anak sungai yaitu sungai Kampar kanan dan sungai Kampar kiri.

    3. Sungai Siak

    Sungai Siak terletak di kabupaten Siak Provinsi Riau. Sungai Siak ini dahulu memiliki dalam sekitar 30 meter. Sungai ini dulunya juga menjadi perlintasan kapal besar atau kapal tengker. Sungai Siak ini memiliki panjang sekitar 370 kilometer. Sungai siak ini merupakan sungai terdalam di negara Indonesia. Akibat dari pendangkalan sungai Siak ini memiliki dalam sekitar 18 meter. Sungai Siak ini dapat kita lintasi melalui jembatan Siak. Di sungai Siak kabarnya terdapat buaya dan pernah tertangkap oleh warga di sekitar sungai Siak.

    4. Sungai Rokan

    Sungai Rokan berada di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Sungai Rokan ini memiliki panjang sekitar 350 kilometer. Sungai Rokan bermuara di pengunungan bukit barisan dan berhulu ke Rokan Hulu dan bermuara ke selat Malaka. Sungai Rokan ini menjadi saksi bisu saat perjalanan Suman Hs seorang sastrawan terkenal untuk menyebarkan ilmu. Sungai Rokan ini merupakan sungai terbesar di provinsi Riau.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sungai di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar