Cara Mengisi Smart UNILAK

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Unilak merupakan singkatan dari Universitas Lancang Kuning. Universitas ini dicetus oleh tokoh masyarakat dan pemerintah di Riau yang bertujuan untuk membantu siswa yang ingin kuliah, namun terkendala oleh faktor ekonomi.

    Yayasan yang memayungi universitas ini bernama Raja Ali Haji. Raja Ali Haji sendiri merupakan nama yang terinspirasi dari seorang penyair dan negarawan yang berasal dari Riau. Adapun nama lancang kuning sendiri merupakan sebuah kapal yang kini menjadi salah satu simbol dari melayu Riau, yang dulunya pada masa Kerajaan Melayu, kapal ini dijadikan sebagai pusat komando dalam pasukannya.

    Filosofi dari nama Universitas Lancang Kuning dan Yayasan Raja Ali Haji diharapkan akan membawa Unilak menjadi universitas yang besar dan membawa kebanggaan bagi masyarakat Riau, serta tak kalah bersaing dengan universitas lainnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, Universitas Lancang Kuning tentunya juga tak mau ketinggalan. Universitas ini kini telah membangun SIAK, atau Sistem Informasi Akademik yang mana hal ini dapat memudahkan pengolahan data-data universitas yang berkaitan dengan akademik. Sistem informasi ini diberi nama SMART Unilak, dan dapat diakses di laman smart.unilak.ac.id

    Berbagai fitur yang mendukung pengolahan data untuk kebutuhan akademik tersedia di Smart Unilak ini. Di antara fitur-fitur tersebut adalah selama masa perkuliahan, nilai-nilai mahasiswa yang bisa dilihat secara online oleh mahasiswa itu sendiri. Dengan begitu, para mahasiswa dapat melihat perkembangan nilai mereka dengan lebih mudah. Fitur pengisian KRS secara online juga sangat memudahkan bagi mahasiswa. Jadwal kuliah yang tertera di fitur ini sebelumnya telah disusun terlebih dahulu oleh pihak jurusan sesuai dengan semester yang aktif pada saat itu. Dengan begitu, mahasiswa tinggal memilih saja mata kuliah apa yang ingin mereka ambil. Selain itu, terdapat fitur lainnya seperti dapat melihat jadwal kuliah secara online, data keuangan, biodata mahasiswa, dan lain sebagainya.

    Tidak hanya mahasiswa, orang tua yang mendapatkan akses Smart Unilak juga bisa melihat perkembangan dari anaknya. Selain itu, terdapat pula SIAK yang khusus disediakan untuk para dosen. Beberapa fitur yang tersedia bagi dosen adalah aktivitas mengajar, dapat melihat biodata, memasukkan bahan kuliah, KRS, memasukkan data-data nilai, dosen wali, memasukkan tugas kuliah, dan lain sebagainya.

    Untuk mengakses Smart Unilak, baik mahasiswa ataupun dosen harus memiliki username dan password terlebih dahulu, agar bisa login dan memanfaatkan fitur-fitur Smart Unilak.

    Untuk mengisi Smart Unilak, Anda harus login terlebih dahulu dengan username dan password yang Anda miliki. Untuk login, bisa mengakses laman smart.unilak.ac.id

    Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman Dashboard. Pada halaman ini terdapat pemberitahuan mengenai berita terbaru dari Unilak, seperti masa pembayaran SPP terakhir. Selain Anda dapat juga melihat jadwal perkuliahan untuk hari ini dan besok. Pada jadwal tersebut, Anda dapat melihat waktu dan ruangan kuliah juga. Selanjutnya, terdapat pula jadwal ujian, yang bisa dilihat waktu, jenis ujian, mata kuliah yang diujiankan, dan ruangan ujian. Ada juga fitur monitoring perkuliahan, dimana Anda bisa melihat mata kuliah, kelas, absensi, persentase kehadiran, dan nilai.

    Selain halaman dashboard, terdapat juga halaman khusus berita, data mahasiswa, forum, dan konsultasi. Pada halaman konsultasi, mahasiswa dapat menambah daftar konsultasi dengan pembimbing. Tinggal menekan tombol tambah, dan mengisi data yang dibutuhkan.

    Berikut adalah beberapa halaman lain yang terdapat di Smart Unilak.

    • Kurikulum Prodi: mahasiswa dapat melihat kurikulum mata kuliah yang ada di setiap semester.
    • Daftar Proposal: mahasiswa dapat menambahkan daftar proposal untuk skripsi.
    • Skripsi Mahasiswa: mahasiswa bisa mendaftarkan skripsinya di sini.
    • Kartu Rencana Studi: mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang ingin diambil, selama belum divalidasi oleh pihak jurusan
    • Dan lain sebagainya.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengisi Smart UNILAK
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar