Danau Teluk Gelam

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Danau Teluk Gelam merupakan salah satu objek wisata danau yang terletak di Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir, di tepi jalan raya Sumatera Timur, 92 km ke arah tenggara kota Pelembang. Danau Teluk Gelam ini menawarkan wisata alam yang memiliki pemandangan alm yang sangat mempesona dan memiliki air yang sangat tenang dan cukup. Di tengah danau ini ada tanah yang ditumbuhi oleh ribuan pohon Gelam yang memiliki daun hijau mungil.

    Danau Teluk Gelam ini terletak di area yang memiliki luas 250 hektar ini merupakan objek wisata sekaligus bisa digunakan sebagai sarana olahraga yang memadai. Danau ini pernah juga menjadi tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI Sumatera Selatan pada akhir Agustus-September 2004.

    Saat itu danau yang besar ini dijadikan ajang perlombaan untuk cabang olahraga dayung dan sky air. Pembangunan danau ini menghabiskan biaya Rp 31,9 Miliar dari APBD Provinsi Sumatera Selatan dan APBD Kabupaten Ogan Komering  Ilir, yang mulai dikerjakan sejak tahun 2001 hinga pertengahan 2004.

    Hanya saja, setelah Pelaksanaan PON XVI, fasilitas dan keindahan dari Danau Teluk Gelam seperti dibiarkan kesepian dan tidak ada yang berkunjung. Sangat minim wisatawan domestik, apalagi wisatawan asing yang berkunjung.

    Dibandingkan dengan danau lainnya yang ada di Sumatera Selatan, Danau ini mempunyai beberapa keistimewaan salah satunya yaitu letaknya cukup strategis sehingga mudah untuk dijangkau masyarakat, yaitu berada di jalan lintas Timur Sumatera, di ruas antara Palembang-Lampung.

    Di lokasi danau ini pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan seperti  memancing, berenang, olahraga seperti Ski Air dan dayung atau hanya jalan-jalan saja.

    Untuk pelayanan dan fasilitas yang ada saat ini untuk wisatawan kurang puas, karena mengingat disini pelayanan yang di tawarkan membuat objek wisata Danau Teluk Gelam ini sebagai salah satu pilihan alternatif untuk tempat rekreasi yang terbaik, yang tentunya dapat memberikan hiburan yang sangat menyenangkan dan juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung yang ada.

    Ada juga fasilitas Objek wisata lainnya yang ada disini seperti arena bermain anak-anak terdiri dari kereta naga, Carousell (Kuda Berputar), Roda  Lambung, Perahu Angsa, Kapal Pesiar, Bumper Boat, Jet Ski dan Canope.

    Jika anda pergi bersama keluarga, anda diyakini akan berlama-lama  di lokasi ini, karena banyak permainan yang sangat menyenangkan dan juga tempat kreasi lainnya. Danau ini cukup luas untuk anda nikmati Danau Teluk Gelam yang luas ini dengan menggunkaan speed boat dengan merogoh kocek Rp 150.000/jam dan jika menggunakan jet sky anda cukup merogoh kocek Rp 300.000/jam.

    Bagi anda yang tinggal cukup jauh dari Danau Teluk Gelam ini disini disediakan Hotel Kembar dan 34 rumah panggung kayu yang memilki tipe 70 dan 54 yang dibangun dengan menggunakan metode knock down, bongkar pasang.

    Suasana di rumah ini masih sangat alami dan dikelilingi pohom-pohon kecil dengan kicauan burung yang bebas, yang tentunya membuat pengunjung yang menginap disini merasa akan seperti tinggal di perkampungan. Pondok-pondok yang terdapat di belakang hotel bisa kamu gunakan untuk makan sambil santai atau bisa juga memancing ikan di danau. Tetapi sangat di sayangkan Wisata Danau Teluk Gelam ini sedikit kurang terawat.

    Maka dari itu, apabila anda berlibur ke Propinsi Sumatera Selatan Palembang  belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke kabupaten OKI yang memiliki banyak berbagai macam bahasa daerah dan belum lengkap juga karena selain  terdapat hotel berbintang anda juga bisa home stay untuk melepas kepuasan penat anda dari rutinitas dan kerja  anda sepanjang hari.

    Mungkin anda bertanya mengapa objek wisata ini dinamakan dengan “Teluk Gelam” karena Teluk gelam berawal dari seorang warga yang sedang mencari kayu gelam lalu menemukan sebuah rawa atau danau kecil yang airnya tidak pernah kering dan dari sungai kecil tadi air yang berkumpul dan akhirnya menjadi sebuah danau kecil.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Danau Teluk Gelam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar