Plt Ketua Dheni Kurnia Tegaskan Testing Calon Anggota PWI Riau Tetap Digelar 20 Oktober

Daftar Isi


    Foto: Plt Ketua PWI Riau H. Dheni Kurnia



    Lancang Kuning, PEKANBARU  - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia menegaskan, penerimaan calon anggota baru PWI Riau tetap dilaksanakan sesuai  jadwal semula pada 20 Oktober 2024 mendatang di Pekanbaru. Sejauh ini tidak ada perubahan jadwal maupun pelaksanaan testing calon anggota PWI tersebut. 

    "Jika ada yang bilang PWI tidak menerima anggota baru, itu informasi yang salah dan tidak benar. Kita tetap mengadakan tanggal 20 Oktober 2024 di Pekanbaru. Pesertanya terbuka untuk para wartawan dari seluruh kabupaten kota di Provinsi Riau," tegas Dheni Kurnia kepada media, Senin (6/10/2024).

    Sebagai perpanjangan tangan dari PWI Pusat yang sah menurut konstitusi yakni legalitas Kemenkumham, menurut Dheni Kurnia, Plt. Pengurus PWI Riau terus jalan dengan program-program yang telah disusun dan ditetapkan PWI. Termasuk merekrut calon anggota baru PWI di Riau.

    "Itu sudah menjadi komitmen kita sebagai pelaksana tugas yang ditetapkan oleh pengurus PWI Pusat yang sah sesuai legalitas Kemenkumham pasca-pembekuan PWI Riau," ujar Dheni.

    Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau, Tun Akhyar menjelaskan, bidang organisasi dan kepanitiaan kegiatan terus merampungkan persiapan penerimaan calon anggota PWI.

    Dan pendaftaran yang sudah dibuka sejak 1 Oktober 2024 mendapat sambutan antusias dari kalangan wartawan di Riau yang berminat menjadi anggota organisasi kewartawanan tertua dan terbesar di tanah air tersebut.

    "Respon rekan-rekan wartawan di Riau ternyata cukup bagus terhadap kegiatan penerimaan calon anggota baru PWI ini. Buktinya, sudah banyak yang mendaftar. Selain itu banyak pula yang  menghubungi saya secara pribadi dan menyampaikan ketertarikan untuk bergabung menjadi anggota PWI," ujar Tun Akhyar.

    Menurut Tun Akhyar, para wartawan yang berminat menjadi anggota PWI dipersilakan mendaftar dengan menghubungi admin yang telah ditetapkan. Pendaftaran peserta akan ditutup 15 Oktober 2024.

    Para peserta mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran dan seluruh persyaratan dikirim dalam bentuk portable document format (pdf) ke panitia.

    Setelah berkas-berkas pendaftaran diterima, selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi terhadap persyaratan yang dikirim calon peserta.

    "Kita tentu akan verifikasi terlebih dahulu, apakah memenuhi syarat untuk mengikuti tes. Bila dinyatakan layak dan memenuhi syarat, selanjutnya peserta akan diberitahu untuk membayar uang orentasi dan ujian calon anggota PWI Riau," terang Tun Akhyar.

    Pelaksanaan orientasi organisasi dan profesi serta ujian calon anggota dilakukan dalam bentuk tatap muka dan wawancara. Diawali dengan kegiatan orientasi atau pengenalan terhadap organisasi PWI termasuk aturan/PD-PRT PWI, UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik yang akan disampaikan sejumlah pemateri dari kalangan pengurus dan wartawan senior PWI. Baru setelah itu dilanjutkan dengan ujian dalam bentuk lisan dan wawancara oleh tim penguji yang telah ditetapkan.

    Sebagai panduan, peserta ujian calon anggota PWI Riau mengirimkan kode: "SAYA (nama/kabupaten/No HP/email) MENYATAKAN IKUT SELEKSI PENERIMAAN ANGGOTA BARU PWI RIAU". Kemudian teks tersebut dikirim ke nomor WA Admin 082383857385 (Ibu Yelidawati) untuk mendapatkan tanda keikutsertaan dan informasi lanjutan. 

    Adapun persayaratan yang mesti disiapkan sebagai berikut:

    1. Fotokopi Akte Notaris Perusahaan Pers (dalam bentuk pdf)

    2. Mengisi formulir pendaftaran (dalam bentuk pdf)

    3. Fotokopi ijazah terakhir minimal berpendidikan SLTA (dalam bentuk pdf)

    4. Surat Pernyataan Pemohon di atas materai (formulir disediakan dan dikirim kembali dalam bentuk pdf)

    5. Surat Keterangan Pemimpin Redaksi/Stempel Redaksi tempat bekerja di atas materai (formulir disediakan dan dikirim kembali dalam bentuk pdf)

    6. Membawa bukti karya jurnalistik, minimal 3 tulisan/berita dalam tiga bulan terakhir (diserahkan saat ujian)

    7. Fotokopi Kartu Pers dari Media dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) (dikirim dalam bentuk pdf)

    8. Pas foto berwarna ukuran postcard  (dikirim dalam bentuk pdf)

    9. Membayar biaya Orientasi dan Ujian sebesar Rp250.000,- (dikirim ke rekening panitia yang akan disampaikan kemudian).

    10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), diserahkan saat sudah lulus dan mengambil kartu anggota muda PWI Riau. (LK/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Plt Ketua Dheni Kurnia Tegaskan Testing Calon Anggota PWI Riau Tetap Digelar 20 Oktober
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar