Wisata Kuliner Popoler di Bengkulu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bengkulu adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dimana provinsi ini terkenal karena adanya Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii) dan tempat wisata yang ada di daerah ini yang menarik untuk dikunjungi. Selain Padma Raksasa dan juga tempat wisata, Bengkulu juga terkenal akan kuliner lautnya yang Delicious.

    Berikut adalah beberapa kuliner Bengkulu yang wajib anda cicipi jika anda pergi ke daerah ini:

    1. Bagar Hiu

    Bagaimana menurut anda jika melihat nama makanan khas Bengkulu satu ini? Makanan ini memang menggunakan ikan hiu sebagai bahan utama, hiu yang dimasak merupakan hiu dimana masyakat setempat menyebut hiu ini dengan hiu punai. Hiu punai ini sangat banyak ditemui di daerah perairan daerah Bengkulu. Masyarakat Bengkulu memilih hiu punai sebagai bahan utama bagar adalah karena daging dari ikan ini terasa padat, empuk, berwarna putih, dan tidak amis.

    Bagar sendiri adalah kuliner khas Bengkulu layaknya gulai pedas. Makanan ini memang menjadi makanan favorit masyarakat Bengkulu, hanya saja akan sulit menemukan makanan ini jika tidak pada bulan puasa. Harga makanan ini juga sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp.10.000.

    1. Ikan Bakar Jingkrak

    Makanan ini sangat wajib anda coba jika anda ke Bengkulu, makanan ini mempunyai rasa yang gurih dan nikmat. selain dibakar juga bisa dimasak dengan rica-rica, bumbu asam manis, tauco, saus padang, dll. Adapun ikan yang biasa digunakan yaitu ikan kakap, ikan kerapu, ikan baronang, ikan kuwe, dan sebagainya.

    Berbeda dengan bagar hiu, makanan ini akan sering anda jumpai di setiap rumah makan yang ada di Bengkulu, harga masakan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp.50.000 hingga Rp.70.000.

    1. Mie Terbang

    Bengkulu juga tidak kalah kekinian dengan daerah lain, mie terbang adalah salah satunya. Makanan ini terdapat di rumah makan milik Salman dan lokasinya sendiri terdapat di Jalan Nusa Indah. Masakan berupa mie tek-tek ini disajikan dengan potongan timun, telur, tomat dan ditambah kerupuk membuat masakan ini sangat nikmat. Harga makanan ini juga relatif murah yaitu Rp.15.000.

    1. Gulai Kemba’ang

    Makanan ini adalah makanan tradisional masyarakat Bengkulu, walaupun nama masakan ini lebih terkenal di Muko-muko. Gulai ini terbuat dari iga sapi yang dimasak menggunakan bumbu khas Bengkulu. Biasanya makanan ini bisa anda jumpai ketika bulan puasa dan lebaran.

    1. Kopi Bengkulu

    Bagi anda pecinta kopi, Bengkulu adalah tempat yang sangat cocok untuk anda kunjungi karena Bengkulu termasuk lima besar daerah penghasil kopi Nusantara dan terkenal sebagai provinsi “segitiga emas robusta”.

    Kopi yang menjadi primadona di Bengkulu berasal dari Gunung Kaba, Kepahiang. Rasa kopi dari Bengkulu memang terkenal mantap, contohnya seperti membuat kopi menggunakan metode French Press, rasa dari kopi ini lumayan juicy dan aroma yang dihasilkan juga segar dan memikat.

    1. Teh Oolong

    Selain kopi, Bengkulu juga terkenal dengan Oolongnya yang sangat nikmat. Teh Oolong dibuat dengan daun teh yang diolah dengan cara semi fermentasi, sehingga teh Oolong memiliki rasa yang nikmat, aroma dan warna kuning yang khas.

    Selain nikmat teh oolong juga memiliki banyak manfaat seperti dapat menurunkan berat badan, mencegah kerusakan pada gigi, menurunkan kolesterol, meningkatkan fokus, mencegah terjadinya osteoporosis, dapat menstabilkan gula darah, menyehatkan rambut dan sebagainya.

    Sekian pembahasan saya tentang kuliner yang ada di daerah Bengkulu, jadi jika anda berkunjung ke Bengkulu jangan lupa untuk mencoba kuliner yang ada di daerah ini. Semoga bermanfaat.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Kuliner Popoler di Bengkulu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar