Wisata Lubuk Beringin Jambi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Lubuk Beringin adalah sebuah Dusun yang berada di Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Dusun ini berbatasan dengan Dusun Buat di sebelah barat, Dusun Laman Panjang di sebelah timur, Dusun Laman Panjang dan Dusun Buat di sebelah utara, dan Kecamatan Pelepat di sebelah selatan.

    Infrastruktur aksesibilitas yang tersedia hanyalah ruas jalan Muara Bungo dengan kondisi jalan aspal sampai Laman Panjang, lalu dilanjutkan dengan jalan tanah dan jembatan gantung yang belum bisa dilewati oleh mobil. Dari Muara Bungo hingga Dusun Lubuk Beringin memiliki jarak sekitar 50km dengan waktu tempuh lebih kurang 40 – 60 menit.

    Dusun Lubuk Beringin menjadi salah satu tempat wisata alam yang ada di daerah Jambi. Lubuk Beringin merupakan salah satu dari penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Di dalam Dusun Lubuk Beringin juga ada kawasan hutan lindung Bukit Panjang Rantau Bayur yang terbentang dari kawasan Dusun Sungai Telang Kecamatan Bathin III, hingga ke Dusun Batu Kerbau Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.

    Provinsi Jambi memang memiliki hamparan alam yang masih terjaga dimana apabila dikelola dengan lebih baik, Jambi akan menjadi salah satu destinasi wisata yang diburu para wisatawan dari luar daerah hingga luar negeri, sama halnya seperti wisata yang ada di Dusun Lubuk Beringin ini yang sedang menjadi argowisata yang mendunia.         

    Dusun Lubuk Beringin adalah sebuah Dusun yang berlatar belakang hutan-hutan dan perbukitan yang masih sangat terjaga. Dusun ini menjadi tempat wisata alam yang baru dengan sungainya yang terkenal jernih dan segar. Selain sungai, Lubuk Beringin juga memiliki air terjun mini dimana air terjun ini memiliki debit yang besar sehingga menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk berenang, mandi, dan bermain air.

    Suasana yang ada pada lubuk beringin ini sangatlah asri dengan ditemani air yang bening ditambah lagi fasilitas seperti toilet dan musholla membuat tempat ini semakin menarik dan layak untuk dikunjungi.

    Masyarakat di sini 90% menggantungkan perekonomian mereka dari kebun pohon karet yang ada disana. Kebun karet disini dikelola dengan konsep mencampurkan lahan pohon karet dengan berbagai jenis tanaman kayu dan buah, konsep ini memperkuat perekonomian masyarakat yang ada disana. Karena ketika harga karet turun, masih bisa ditutupi oleh nilai ekonomis lain dari buah-buahan dan jenis tanaman lainnya. Konsep ini sangat berbeda dengan monokultur dimana apabila harga karet turun maka akan sangat berdampak dengan untuk penurunan ekonomi masyarakat disana.

    Selain itu perekonomian masyarakat disini juga ditunjang dengan adanya wisata alam yang dibuat dan dikelola oleh masyarakat sekitar. Sayangnya masih belum diperhatikan oleh pemerintah Provinsi Jambi, dimana masih bisa kita lihat akses untuk ke Lubuk Beringin sangatlah memprihatinkan dengan jalan tanah dan juga jembatan gantung.

               

    Tempat wisata di Lubuk Beringin ini bukan hanya sekedar sungai dan air terjun saja. Anda juga bisa melihat asrinya daerah pedusunan yang akan memanjakan mata anda dimana mungkin anda tinggal di wilayah perkotaan yang kurang dengan pemandangan hijaunya pepohonan dan perbukitan.

    Bagaimana? Apakah anda berminat untuk berkunjung ke Lubuk Beringin di Jambi? Tempat yang sangat pas untuk melepas penatnya hari-hari anda? Dengan sungai yang jernih air terjun dan juga pemandangan disana akan membuat hati dan pikiran anda jernih kembali.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Lubuk Beringin Jambi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar