Pusat Kuliner di Pariaman

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pariaman merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Kota Pariaman memiliki jarak sekitar 56 kilometer dari Kota Padang, ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Di daerah yang merupakan bagian dari struktur rantau etnis Minangkabau atau Minang ini, terdapat keunikan tersendiri pada masyarakatnya, dibandingkan dengan etnis Minang lainnya. Terdapat beberapa pengaruh dari Aceh pada panggilan atau penamaan seseorang.

    Nah, buat kamu yang akan berkunjung ke Pariaman, jangan lewatkan kuliner-kuliner yang ada di sana. Berikut kami sajikan beberapa pusat kuliner yang ada di Pariaman.

    1. Pantai Tiram

    Pantai Tiram merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kota Pariaman. Dimana ada objek wisata, di sanalah terdapat pusat oleh-oleh. Setelah puas menikmati keindahan Pantai Tiram, kamu bisa berwisata ke tempat kuliner yang ada di sana. Tidak jauh dari Muaro Tiram, terdapat jejeran tempat makan yang bisa dijadikan wisata kuliner di sepanjang jalan pantai.

    Tempat-tempat makan ini berdiri di atas genangan air pantai yang sedang pasang. Jumlahnya sekitar empat puluhan. Sambil menikmati hidangan kuliner yang ada di sana, kamu tetap bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Tiram. Kuliner yang tersedia di sini bermacam-macam, seperti Gulai Kepala Ikan, Salah Lauak, dan lain sebagainya.

    1. Pantai Gandoriah

    Selain Pantai Tiram, Pantai Gandoriah juga menjadi tempat wisata kuliner yang tak kalah menarik. Berbagai tempat makan tersedia di pinggir pantai ini. Di antara sekian banyaknya menu yang tersedia, Nasi Sek menjadi salah satu menu utama yang dapat dinikmati di tempat ini.

    Letak pantai Gandoriah yang berada di tengah kota, membuat akses menuju pantai tidak terlalu sulit, ditambah lagi mudahnya ditemukan transportasi umum menuju pantai ini. Terdapat juga rute kereta dari Padang yang langsung menuju ke pantai ini. Letak stasiunnya pun ada di depan pintu masuknya. Yang menarik lagi dari pantai ini, terdapat kegiatan rekreasi seperti selancar, renang, dan lain-lain yang dapat menambah hiburan. Hanya saja, sebagian dari fasilitas untuk kegiatan-kegiatan tersebut hanya tersedia pada hari libur.

    1. Toko Kue dan Oleh-oleh Nona

    Di toko ini, kamu bisa menemukan beragam jenis kue khas dari Pariaman. Rasanya yang enak, membuat tempat ini tak pernah sepi dari pelanggan, baik dari Kota Pariaman sendiri, maupun dari para wisatawan dari luar Pulau Sumatera. Kalau jalan-jalan ke Pariaman, tak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi toko ini, dan membeli oleh-oleh untuk dinikmati saat pulang ke rumah.

    1. Restoran Pauh

    Walaupun tidak hanya terdapat di Pariaman, namun restoran ini menyajikan hidangan yang sangat lezat, sehingga dapat dijadikan wisata kuliner di Pariaman. Salah satu menu favorit di restoran ini adalah gulai ikan dan kerupuk emping. Lokasi restoran ini sekitar dua ratus meter dari Pasar Pariaman, tidak jauh dari simpang gelombang.

    1. Rumah Makan Pincalang

    Rumah makan ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk berwisata kuliner sambil menikmati pemandangan pantai. Lokasinya berada pada bibir Pantai Kampung Pauh. Ikan laut segar yang baru ditangkap oleh nelayan menjadi hidangan khas yang disajikan oleh restoran ini.

    1. Joyo Makmur

    Joyo Makmur merupakan restoran yang menyediakan ruangan yang luas dan hidangan yang sangat enak. Luasnya ruangan restoran ini sangat cocok jika kamu ingin mengundang keluarga besar untuk makan bersama di restoran ini. Restoran ini biasanya mulai ramai oleh pengunjung pada sore dan malam hari. Adapun lokasi dari restoran ini terletak sebelum STIE Pariaman di Jalan By Pass.

    1. Kampung Perak

    Kampung Perak merupakan pusat kuliner dan jajanan khas Pariaman. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan berat, hingga makanan ringan. Selain memuaskan rasa lapar, pada malam hari kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Pariaman yang indah. Lokasi Kampung Perak sendiri terdapat di Jalan Samudera Pantai Padang.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pusat Kuliner di Pariaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar