Objek Wisata Outdoor di Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di Pekanbaru ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk jalan-jalan. Objek wisata ini beragam, ada wisata edukasi, wisata alam, hingga wahana permainan yang sangat menyenangkan. Berikut ada beberapa tempat wisata outdoor yang harus kalian datangin jika sedang di Pekanbaru.

    1. Taman Wisata Alam Mayang

    Taman Wisata Alam Mayang ini berada di Jalan H. Imam Munandar di sekitar area taman terdapat banyak pepohonan yang terlihat rindang. Cocok untuk lokasi piknik bersama keluarga, teman, dan acara sekolah. Disini anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia, seperti kolam pancing, sepada air, taman bermain anak-anak. Untuk biaya sepeda air Rp 20.000/30 menit. Dan ada juga bombom car, sepeda tandem, dan becak mini dengan harga sewa mulai dari Rp 10.000.

    Dan ada beberapa spot foto yang sangat sayang jika dilewatkan, diantaranya ada beberapa 4 patung wajah raksasa di pintu gerbang, kapal khas Riau, miniatur candi Indonesia, dan 6 replika patung Pulau Paskah di danau.

    Tempat ini adalah tempat favorit untukpertemuan luar ruangan untuk perusahaan, sekolah, tamu negara , atau sekedar pertemuan sosial dan reuni. Wisata Alam Mayang ini juga menyediakanfasilitas seperti paviliun, ruang sholat, restoran, dan toko souvenir. Restoran disini juga dibuka setiap hari, tapi lebih banyak buka saat liburanatau akhir pekan.

    Sejarah panjangtaman ini telah berlalu. Tanggal 7 Januari 1988, Ny. Seoparmi dan suaminya meresmikan kegiatan penangkapan ikan  dengan nama Alam Mayang, pasangan ini berhasil mengembangkan 15 hektar  kolam ikan  yang menjadi taman rekreasi seluas 24 hektar.

    1. Taman Bunga Implan Okura

    Jika memasuki taman ini,anda akan melihat berbagai bunga segar yang tertata rapi dan berwarna-warni. Ini adalah Okura Impian Flower Garden, lokasinya terletak di Tebing Okura, Rumbai Pesisir.Taman ini dibuka untuk umum sejak April 2017. Dulu merupakan lahan kosong, kemudian dimanfaatkan oleh warga setempat dengan menanam berbagai aneka bunga yang menarik.Taman ini juga diprakarsai oleh Pak Muslim serta bantuan para taruna. Dengan modal mereka sendiri, mereka membeli biji bunga dan belajar bercocok tanam dengan otodidak melalui internet. Ditaman ini terdapat beberapa spot foto dan  bangunan paviliun. Dan banyak  pasangan yang menggunakan lokasi ini sebagai tempat pemotretan pre-wedding. Maka tak heran  jika taman ini juga dikunjungi oleh wisatawan asing.

    1. Wisata Dakwah Okura

    Wisata ini dinamai wisata dakwah, tetapi siapa pun boleh datang kesini. Prioritas untuk misionaris  okura berloksi  di Jalan Raja Panjang, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir. Sorotan  disini adalah pelatihan menunggang kuda dan memanah. Jika anda tertarik untuk mengendarai kuda, sebaiknya anda mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp1.000.000 untuk 8 kali pertemuan, tiap pertemuan 45 menit. Nilai tambah lainnya adalah dapat berkenalan dengan anggota  yang terdiri dari beberapa kelompok, bahkan ada yang rela jauh-jauhan dari Malaysia setiap minggu untuk bolak-balik untuk berlatih berkuda.

    Belajar memanah juga disediakan dalam pelatihan, harga Rp 100.000/30 menit. Untuk peralatan silahkan membawa masing-masing. Disini anda tidak perlu khawatir kalau belum punya, karena disini menyediakan penyewaanya. Disini juga tersedia fasilitas di lokasi lainnya yaitu mushollah, toilet, saung, masjid, dan aula.

    1. Danau Wisata Bandar Kayangan Lembah Sari

    Di Jalan Pramuka, Rumbai Pesisir, ada jugagerbang putih berupa bentuk tulisan Danau Wisata Bandar Kayangan Lembah Sari. Saat melewatigerbang, tidak hanya berkendara jauh, anda juga dapat mencapai aula luar ruangan raksasa dengan kursi berwarna-warni. Disini pengunjung juga disuguhkan keindahan alam dan keindahan danau. Tidak  hanya itu, ada juga area bermain anak-anak di bawah pohon rimbun. Danau wisata bandar diresmikan oleh Wali Kota Pekanbaru pada tahun 2011. Jika anda tertarik datanglah jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Disini anda tidak akan dikenai biaya.

    1. Wisata Danau Buatan

    Wisata danau buatan ini lokasinya berbeda dengan danau wisata kayangan lembah sari. Dari jalan utama Rumbai Pesisir, tidak jauh dari kawasan Bukit Bintang, ada plang dalam bentuk tulisan Danau Buatan, dan ikuti saja jalanya. Untuk masuk ke kawasan ini akan dikenakan biaya Rp 5.000/orang dan terbuka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Kawasan ini telah diresmikan pada tahun 1990 oleh Gubernur Riau dikelola oleh PD. Pembangunan. Di danau buatan ini suasana yang menyenangkan berada di pinggir laut. Disini juga disediakan bagi pengunjung untuk memancing ikan.

    1. Taman Budaya

    Taman Budaya ini adalah pusat seni Melayu Riau yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Tempat ini telah dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Riau. Taman ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 10 malam, kecuali ada acara khusus.Taman Budaya ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang digunakan untuk  seni, seperti Rumah Tari Umar Umayyah, Rumah Rupa Lontiak dan Rumah Teater Ibrahim Sattah. Di setiap rumah memiliki karakteristik  yang berbeda.

    Ada juga panggung terbuka untuk tempat mengadakan acara d ipasar budaya atau seni pertunjukan. (Ipit)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata Outdoor di Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar