Beredar Informasi Surat Permintaan Usulan Pj Gubri Sudah Turun dari Kemendagri RI, Berikut Nama-namanya

Daftar Isi

    Kantor Gubernur Riau di Jalan Sudirman, Pekanbaru.ft:(viny)

    LANCANGKUNING.COM, PEKANBARU-Kementerian Dalam Negeri RI sudah mengirimkan surat permintaan usulan Penjabat (Pj) Gubernur Riau ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau, Jum'at (17/11/2023).

    Informasi yang mulai beredar ini disetujui akan kebenarannya oleh Plh Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau. 

    "Ya, betul. Surat permintaan atas usulan PJ Gubernur Riau sudah turun. Yang mana, surat ini ditujukan langsung kepada DPRD Riau bukan Pemprov Riau," ucap Elly Wardhani.

    Setelah dikonfirmasi kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto beliau menyampaikan "Ketika surat usulan ini sudah diterima oleh DPRD Riau maka kami akan segera tindak lanjuti.

    Untuk perkembangan hingga saat ini, nama-nama calon PJ Gubri masih sedang dibahas di masing-masing fraksi DPRD Provinsi Riau, " ucap Hardianto.

    Diketahui, beberapa usulan nama yang diterima oleh pimpinan nantinya akan ditinjau kembali sehingga akan ditetapkan tiga nama untuk dikirimkan kembali kepada Kemendagri RI.
     
    Hal ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri No.4 Tahun 2023, yang berisikan DPRD Riau diberikan ruang untuk mengusulkan nama PJ Gubri dalam rangka mengakomodir keinginan masyarakat di daerah.

    Tentunya tupoksi dari PJ Gubri ini adalah untuk mengisi kekosongan kekuasaan yang ada.

    Hardianto kembali menjelaskan bahwasanya PJ Gubri inilah yang nantinya akan melanjutkan estafet program yang ada bukan berarti mengubah semua program yang ada.

    Adapun syarat untuk menjadi PJ Gubernur Riau adalah pejabat eselon I.

    Sehingga mencuat kabar terkait nama-nama yang diusulkan sebagai calon PJ Gubernur Riau, diantaranya adalah sebagai berikut.
    1. SF Hariyanto, selaku Sekretaris Daerah Provinsi Riau
    2. Sri Indarti, selaku Rektor Universitas Riau
    3. Erwin Dimas, selaku Staf Ahli Bappenas RI

    Sesuai dengan aturan mekanisme pengusulan nama-nama calon PJ Gubernur Riau terdapat enam nama. Dengan rincian tiga nama calon usulan berasal dari DPRD dan sisanya dari pemerintah pusat.

    "Untuk harapan bagi PJ Gubri sendiri tentu ada, meskipun nantinya penunjukan Pj Gubri ini merupakan wewenang pemerintah pusat. Yang kami harapkan pastinya merupakan putra-putri asli Riau yang sudah memahami betul akan kondisi dan persoalan yang ada di Provinsi Riau," tutupnya.(vin)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beredar Informasi Surat Permintaan Usulan Pj Gubri Sudah Turun dari Kemendagri RI, Berikut Nama-namanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait