Pulau Jemur Pulau yang Sangat Indah, Salah Satu Peluang Objek Wisata di Rokan Hilir

Daftar Isi

    Ada salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pulau ini berlokasi di kota Bagansiapiapi, tepatnya 72,4 Km dari kota, di sekitar wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas. Objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi akhir pekan, ataupun kunjungan di hari libur lainnya. Pulau jemur memiliki luas lebih kurang 250 ha.

    Pulau jemur dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih, juga merupakan habitat penyu hijau. Perairan di sekitar pulau jemur ini merupakan penghasil ikan. Kawasan pulau jemur hanyalah untuk tujuan objek wisata, karena tidak ada masyarakat yang tinggal di sini, terkadang menjadi tempat persinggahan bagi para nelayan.

    Pulau jemur akan baik sekali jika dikembangkan sebagai objek wisata. Menjadi tempat tujuan melepas dahaga dan penat di akhir pekan. Untuk hanya sekedar menikmati akhir pekan bersama para sahabat dan keluarga akan lebih menarik, ditambah jika akomodasi dan fasilitas semakin diperhatikan oleh pemerintah setempat.

    Dengan tempat yang tidak berjauhan dari Negara Malaysia, pernah menjadi persoalan antara Malaysia dan Indonesia, Malaysia saat itu, agustus 2009 hendak bermaksud mengelola pulau ini sebagai tujuan wisata. Namun kepemilikan pulau jemur ada pada sertifikat tanah raja siak, permasalahan ini mereda di saat diketahui bahwa juga terdapat salah satu pulau yang bernama ‘pulau jemor’ sebagai bagian dari Kesultanan Selangor.

    Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, Bekas Tapak Kaki Manusia, Perigi Tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan Pantai Berpasir Kuning Emas. Tidak banyak yang datang berkunjung ke pulau ini, bisa jadi karena kondisi yang kurang pada pengelolaan dan fasilitas untuk wisata yang kurang. Malaysia saja ‘melirik’, maka sebaiknya pemerintah setempat segera mengelola pulau jemur dengan lebih baik. Karena bagaimana pun pulau jemur merupakan salah satu keindahan alam yang diberikan secara cuma-cuma oleh sang pencipta.

    Sudah selayaknya dengan panorama alam yang indah dan berbagai potensi wisata lainnya, pulau jemur mendapatkan perhatian dan pengelolaan yang serius. (hyAzn)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pulau Jemur Pulau yang Sangat Indah, Salah Satu Peluang Objek Wisata di Rokan Hilir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar