Prodi Teknik Industri Terbaik di Kota Padang

Daftar Isi

    Menjelang musim penerimaan mahasiswa baru, sudah saatnya siswa sekolah menengah yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mulai mempertimbangkan terkait program studi atau jurusan sebelum memilih. 

    Namun, salah satu prodi yang setiap tahun selalu mendapat peminat paling banyak adalah jurusan teknik. Selain prospek karirnya yang luas, jurusan teknik menawarkan bidang konsentrasi yang beragam.

    Salah satu cabang ilmu teknik yang masih menjadi jurusan populer hingga saat ini ialah teknik industri. Teknik industri merupakan cabanga ilmu teknik mesin yang membahas proses dalam industri.

    Apa itu jurusan teknik industri?
    Bagi kamu yang berminat untuk kuliah jurusan teknik industri, sebaiknya cari tahu segala hal tentang teknik industri. Teknik industri adalah program studi yang mempelajari tentang mengoptimalkan aktivitas manusia, misalnya kegiatan produksi, ekonomi dan pengelolaan. 

    Saat mempelajari jurusan ini kamu akan lebih banyak menyelesaikan masalah menggunakan pendekatan yang matematis. Mata kuliah yang akan kamu pelajari lebih fokus pada manajemen industri, sehingga kamu juga dituntut agar memahami di bidang manufaktur.

    Jurusan ini akan memperkuat pengetahuan tentang fisika, matematika, kimia, dan kalkulus, serta mempelajari tentang keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja, psikologi industri, juga analisis biaya.

    Nantinya, lulusan teknik industri akan bertanggung jawab dalam optimalisasi secara praktis pada sistem untuk produksi di pabrik, desain mengoptimalkan manajemen perusahaan, dan proposal strategi.

    Keuntungan Kuliah Prodi Teknik Industri
    Seperti prodi teknik lainnya, jurusan teknik industri juga memberikan berbagai keuntungan bagi mahasiswa juga lulusannya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

    Pertama, jurusan teknik industri selalu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Setelah lulusan nanti, kamu akan bisa masuk ke dalam industri bidang jasa, misalnya konsultasi, keuangan, teknologi informasi, bahkan di bidang pelayanan masyarakat.

    Kedua, perusahaan yang mengolah informasi sangat membutuhkan sarjana teknik industri. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan engagement bersama konsumen.

    Ketiga, jika kamu berminat meniti karir di bidang manufaktur, industri terutama di sektor pemeliharaan, inventori, dan logistik bisa menjadi pilihan kamu untuk masa depan yang mapan.

    Keempat, lulusan teknik industri juga berkesempatan untuk ambil bagian di human resource development (HRD). Sebab, saat kuliah kamu dibekali pengetahuan tentang pengembangan manusia, terutama bagi aspek industri dan perkembangannya.

    Terakhir,  lulusan teknik industri juga dibutuhkan banyak perusahaan untuk divisi safety, health dan environment serta memperkuat bagian pekerjaan lulusan kesehatan masyarakat juga teknik sipil.

    Lulusan Teknik Industri Bisa Jadi Apa?
    Lulusan teknik industri sangat dinantikan, karena ada banyak peluang kerja yang bisa menjadi pilihan untuk kamu setelah meraih sarjana nanti. Kamu dapat bekerja di berbagai perusahaan maupun industri lainnya dengan penghasilan yang menggiurkan.

    Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang menanti kamu setelah lulus nanti:
    1. Product Analyst
    Produk analyst merupakan salah satu prospek kerja dengan masa depan cerah untuk lulusan teknik informatika. Sebagai seorang product analyst kamu bertugas melakukan analisis produksi, pengendalian kualitas pada produksi, mengendalikan dan mengoptimalkan produksi, sampai pada melakukan penilaian untuk seluruh produksi. Nantinya, hasil analisa itu akan mempengaruhi efektivitas dan efisiensi produksi industri.

    2. Sales Engineer
    Pengetahuan yang kamu tentang teknik industri juga memungkinkan kamu untuk menjadi seorang sales engineer. Kamu akan dituntut untuk mampu menjelaskan tentang detail, kualitas hingga kegunaan produk dari perusahaan.

    3. Engineering Manager
    Lulusan teknik industri juga dibutuhkan untuk menempati posisi sebagai engineering manajer. Sebagai engineering manager kamu tidak hanya bertugas membuat perencanaan kerja, namun juga harus mengatur berbagai sumber daya sesuai kebutuhan dalam proyek kerja.

    4. Project Manager
    Posisi project manager juga bisa menjadi incaran kamu setelah lulus sebagai sarjana teknik industri. Project manager memiliki tugas serupa engineering manager. Namun, tim yang akan kamu atur akan jauh lebih besar. 

    5. Quality Control Engineer/Quality Controller
    Quality Control Engineer berperan penting pada proses akhir maupun hilir produksi. Sebagai Quality Control Engineer kamu bertugas memastikan seluruh produk final sudah memenuhi kualitas sesuai standar yang ditentukan.

    6. Logistic Specialist
    Setelah meraih sarjana teknik industri, perusahaan membutuhkan kamu untuk menempati posisi logistic specialist. Logistic specialist bertanggung jawab dalam menganalisa hingga membuat pengaturan pada rantai pasokan yang dibutuhkan dalam produksi. Mulai dari ketersediaan bahan baku sampai proses pendistribusian kepada konsumen akan menjadi tanggung jawab kamu sebagai logistic specialist.

    7. Health and Safety Environment Engineer
    Sebagai seorang health and safety environment engineer, kamu bertugas dalam menganalisa setiap prosedur yang digunakan dalam bekerja serta lokasi dan dampaknya untuk kesehatan juga keselamatan karyawan.

    8. Konsultan 
    Lulusan teknik industri sudah terlatih dan memiliki kemampuan dalam berpikir sistematis serta integratif. Dua keahlian tersebut sangat diperlukan untuk menjadi konsultan. Sebab itu, tidak sedikit sarjana teknik industri yang memilih berkarir sebagai konsultan. Dan kesempatan menjadi konsultan juga terbuka lebar untuk kamu jika memilih jurusan teknik industri.

    9. Cost Control Engineer
    Cost control engineer merupakan pekerjaan yang ditempati seorang lulusan teknik industri. Cost control engineer bertugas membuat segala yang dibutuhkan dalam proses produksi, mulai dari kalkulasi biaya, waktu dan tenaga yang diperlukan.

    10. Wirausahawan
    Lulusan teknik industri dibekali kemampuan menganalisa, berpikir sistematis, manajerial, pemahaman teknologi dan matematika, kemampuan membuat suatu keputusan, problem solving serta mampu bekerja sebagai tim. Dengan demikian, kamu berpeluang menjadi seorang wirausahawan yang merancang juga mengatur terkait industri apapun.

    Prodi Teknik Industri di Universitas Adzkia
    Untuk mencapai cita-cita, pemilihan jurusan bukan satu-satunya yang harus dipertimbangkan. Pemilihan perguruan tinggi sebagai gerbang untuk masa depan yang cerah juga harus dipikirkan. 

    Nah, Universitas Adzkia adalah pilihan yang tepat untuk kuliah di jurusan teknik industri terutama bagi kamu yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Universitas Adzkia merupakan perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Sumatera Barat.

    Berawal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat ini kini berkembang pesat menjadi Universitas Adzkia yang sudah mengantongi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

    Sebelumnya, Universitas Adzkia hanya mengasuh prodi keguruan dan ilmu kependidikan, namun seiring era digitalisasi yang sudah memasuki revolusi industri 4.0 kampus yang berdiri megah di Jalan Raya Taratak Paneh No 7 Kota Padang, Sumatera Barat ini membuka jurusan-jurusan yang mampu bersaing di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi informasi seperti sekarang ini. 

    Selain itu, Universtas Adzkia memiliki cita-cita besar untuk mengabdi kepada masyarakat dan mewujudkan perguruan tinggi berkelas dunia. Yuk, persiapkan diri kamu untuk menjadi bagian sebagai mahasiswa jurusan teknik industri yang kreatif, inovati dan berkarakter Islami di Universitas Adzkia. 

    Untuk Pendaftaran klik link berikut : https://spmb.adzkia.ac.id
    Contact Person : 
    0813-7464-6550 (Cindy) 
    0813-7814-9583  (Humas Univ. Adzkia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prodi Teknik Industri Terbaik di Kota Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar