Sah, 16 Partai Politik Resmi Daftarkan Bacaleg ke KPU Inhil

Daftar Isi

    Foto: Bendera Partai Politik yang akan mengikuti pemilihan umum pada tahun 2024, terpasang di Kantor KPU Inhil. 

     

    Lancang Kuning, INHIL - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Herdian Asmi mengatakan sampai saat ini sudah ada 9 Partai Politik (Parpol) mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPU. 

    Parpol tersebut yakni DPC Partai PAN, PDIP, Demokrat, PPP, Nasdem, PDIP, PBB, Gerindra dan PKS, tertanggal Jumat - Sabtu 13 Mei 2023. 

    Herdian menyebutkan 9 Parpol tersebut telah resmi mendaftar Bacaleg masing-masing 45 nama ke KPU di 7 Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Indragiri Hilir. 

    "Pendaftaran akan ditutup pada hari Minggu 14 Mei 2023 tepat pukul 23.00 WIB malam. Kami sebagai penyelenggara Pemilu akan terus melakukan koordinasi kepada masing-masing Parpol. Demikian kami kembali mengingat bagi Parpol yang belum melakukan pendaftaran Bacaleg agar segera mendaftar," ujar Herdian kepada Wartawan. 



    Foto: Ketua KPU Inhil Herdian Asmi, didampingi Komisioner Bawaslu Inhil Andang Widiantoro saat diwawancarai awak media di Kantor KPU Jalan K.H Dewantara, Tembilahan Kota.


    Kemudian, salah satu syarat yang wajib dipenuhi Parpol adalah 30 persen keterwakilan perempuan dari nama Bacaleg yang disodorkan oleh Parpol berdasarkan peraturan PKPU nomor 10 tahun 2023. 

    "Insyaallah, KPU Inhil akan melakukan verifikasi Bacaleg secara objektif, teliti dan transparan," tambahnya. 

    Selanjutnya, pada hari Minggu 14 Mei 2023 ada 7 Parpol yang mendaftar yakni Partai Golkar, PSI, Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Perindo, Hanura dan terakhir Partai Gelora. 

    "Jumlah parpol yang mendaftar ke KPU Inhil sebanyak 16 partai politik. Kami berharap semua Bacaleg mengikuti semua aturan main sesuai Undang-Undang yang berlaku," tandanya. (LK/Har)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sah, 16 Partai Politik Resmi Daftarkan Bacaleg ke KPU Inhil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar