Dinilai Lancang, PM Kanada Pecat Duta Besar untuk China

Daftar Isi

     


    Foto: Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (REUTERS/Amr Alfiky/File Photo)

    LancangKuning.Com, Jakarta - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Sabtu (26/1/2019) mengatakan telah memecat duta besarnya untuk China, yang mendorong kehebohan politik dengan komentar tentang kasus ekstradisi chief financial officer/ CFO Huawei Meng Wanzhou yang sebelumnya ditahan atas tuduhan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran

    "Tadi malam Saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai duta besar Kanada untuk China," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan tanpa menjelaskan alasannya, dilansir dari CNBC Indonesia.com

    Sebelumnya, pada Kamis, kepada wartawan Trudeau mengatakan tidak memiliki rencana untuk menggantikan McCallum karena mengatakan Chief Financial Officer Huawei Technologies Meng Wanzhou dapat membuat argumen yang kuat terhadap ekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

    Politisi oposisi menuduh McCallum melakukan intervensi politik dalam kasus yang telah merusak hubungan antara Kanada dan China.

    Meng ditangkap di Vancouver bulan lalu karena dugaan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran. Tiongkok kemudian menahan dua warga negara Kanada dengan alasan keamanan nasional.

    Ditanya mengapa McCallum dihapus, juru bicara Trudeau, Eleanore Catenaro menolak berkomentar. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dinilai Lancang, PM Kanada Pecat Duta Besar untuk China
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar