Bampemperda DPRD Riau Konsultasikan Ranperda Pemberdayaan Ketahanan Keluarga ke Kemendagri

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pemberdayaan Ketahanan Keluarga diharapkan akan menjadi banteng di dalam melindungi istri dari KDRT, peningkatan ekonomi untuk menopang kesejahteraan keluarga serta melindungi nilai-nilai yang ada dalam perkawinan. 

    Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Riau pada Selasa (18/10/2022) mengkonsultasikan Ranperda ini ke Kementerian Dalam Negeri.

    Pada pertemuan yang dilaksanakan di salah satu ruang rapat Kemendagri, dihadiri Ketua Bampemperda DPRD Riau Sunaryo, anggota Bampemperda dan OPD Pemprov Riau yang membawahi bidang ini.

    Tim Bampemperda DPRD Riau diterima Analisis Hukum Muda Wilayah I Kemendagri RI Rinci Rustiana. 

    Disampaikan Sunaryo, urgensi pembentukan Ranperda Pemberdayaan Ketahanan Keluarga ini adalah untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada di daerah berkaitan dengan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempengaruhi ketahanan keluarga, diantaranya jumlah penduduk, laju pertumbuhan penduduk, persentase dan kepadatan penduduk di Riau sangat mempengaruhi keluarga

    "Sementara untuk Provinsi Riau sendiri berdasarkan data dari WHO angka kesehatan masyarakat masih diatas 20 persen, rentan dengan tindak kekerasan dalam rumah tangga," ujar Sunaryo.

    Data yang ada, kasus kekerasan rumah tangga di Provinsi Riau, ketidaksiapan sebelum dan sesudah perkawinan, keyakinan beragama dan pemahaman nilai-nilai moral kemanusiaan lemah, kemiskinan, dan kesejahteraan keluarga.

    "Sehingga, diharapkan dengan adanya Ranperda Provinsi Riau tentang Pemberdayaan Ketahanan Keluarga, dapat menjawab dari permasalahan-permasalahan tersebut," katanya lagi.(adv)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bampemperda DPRD Riau Konsultasikan Ranperda Pemberdayaan Ketahanan Keluarga ke Kemendagri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar