Makanan Khas Melayu Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kota Pekanbaru adalah kota terbesar yang juga merupakan ibukota Provinsi Riau di pulau Sumatra, Indonesia. Tidak hanya dikenal karena minyaknya yang melimpah tapi, Pekanbaru juga dikenal sebagai sektor pariwisata.

    Di Pekanbaru sendiri, ada beberapa bangunan yang motif arsitektur dengan Melayu di mana setiap kali liburan tiba, selalu ramai dengan wisatawan lokal atau luar.

    Selain tujuan wisata yang melimpah dan sumber-sumber minyak bumi, Pekanbaru menawarkan berbagai kuliner lezat yang merindukan Anda.

    Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi kota Pekanbaru atau sekarang di kota Sorcerer, jangan biarkan Anda lupa untuk mencicipi makanan legendaris Riau seperti yang kali ini akan saya jelaskan dalam artikel berikut.

    1. Kari Ikan Patin Khas Riau

    Kari ikan patin adalah makanan khas Riau yang sangat terkenal dan juga istimewa. Makanannya adalah kari ikan Patin. Di Provinsi Riau, khususnya di Pelanbaru, kari lele ini adalah makanan yang belum pernah sepi oleh penggemarnya.

    Alasannya, masakan khas Riau ini memiliki rasa yang sangat lezat dan dapat membuat lidah Anda tidak bisa berhenti memakannya. Anda dapat dengan mudah menemukan menu makanan kari ikan lele ini di restoran besar atau ada juga berbagai warung makan yang tersebar di kota Pekanbaru.

    Kari lele merupakan makanan melayu yang menjadi khas di Pekanbaru dimana makanan ini  memiliki saus dengan warna kuning pekat untuk merendam potongan ikan lele. Warga Riau, khususnya Pekanbaru, umumnya tidak hanya makan ikan lele.

    Ada menu yang menyertai hidangan ini yang biasanya disajikan saat menikmati kari lele, yaitu lauk pelengkap, nasi hangat dan berbagai jenis sayuran seperti ubi rebus, rebung dan banyak lagi. Rasa kari lele akan semakin baik saat mengolahnya dengan menambahkan bunga kecombrang yang memiliki fungsi sebagai penyedap.

    2. Asam Pedas di Ikan Baung Riau

    Diolah dengan bahan dasar ikan yang juga tak kalah legendaris dengan makanan riau khas yang sebelumnya pedas dan asam ikan baung. Dari namanya jelas ada perbedaan antara baung pedas asam dan kari ikan lele.

    Bagi Anda yang tidak tahu apa itu ikan mas pedas, berikut adalah penjelasan singkatnya. Hidangan yang satu ini adalah makanan yang lahir berdasarkan pengaruh yang dibawa oleh orang Melayu di tanah Sumatera. Menu kuliner dengan bahan ikan laut ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mungkin sudah mencicipi kari ikan lele.

    Untuk mengobati ikan asam pedas, masyarakat Riau mencampurkan bumbunya dengan berbagai bumbu tradisional seperti bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan serai. Sedangkan rasa asam diperoleh dari penggunaan asam candis atau air asam Jawa yang digunakan untuk merendam rempah-rempah dan ikan.

    Ikan yang digunakan untuk hidangan ini adalah baung yang memiliki bentuk yang mirip dengan lele karena masih relatif lele. Ikan Baung sendiri memiliki tekstur daging yang lembut, padat dan juga ikan ini tidak memiliki duri halus dengan warna yang putih cerah. Jika baung dibandingkan dengan ikan lele, ikan baung memiliki tingkat ketebalan lebih dari ikan lele.

    3. Nasi Lemak Khas Riau

    Makanan khas Riau ini juga umum di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Biasanya nasi lemas disajikan untuk menu sarapan Melayu. Namun masakan khas melayu Riau yang satu ini mengacu pada nasi yang diolah dengan campuran santan, pandan dan rempah-rempah lain untuk memberikan rasa gurih dan mengeluarkan aroma yang harum sehingga dapat menambah rasa lapar anda ketika melihat kuliner riau yang satu ini.    

    Secara umum, nasi lemak disajikan dengan campuran lauk seperti telur. Sambal, irisan teri goreng, cabai dan mentimun.

    Selain lauk pauk, banyak juga orang yang menyajikan nasi lemak dengan tempe, kacang panjang, tahu, sate, kacang tanah, cumi-cumi, daging, ikan, udang, kerang, petai dan limpa. Jika Anda berniat untuk mencicipi dan menikmati nasi lemak, ini banyak tersedia di warung-warung Pekanbaru yang menyajikannya.

    Itulah penjelasan 3 makanan khas yang bisa Anda buat sebagai nikmati Riau, sebenarnya ada banyak kuliner khas dari negeri Melayu ini. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda semua.(Firman)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Melayu Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar