Buka Festival Menongkah di Desa Bekawan, Bupati Wardan: Leluhur Suku Duanu tercatat dalam sejarah dunia

Daftar Isi

      

    Foto: Bupati HM Wardan menyampaikan kata sambutan 

     

     

    Lancang Kuning, INHIL - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs. HM Wardan MP didampingi ketua TP-PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan menghadiri sekaligus membuka secara resmi Festival Menongkah, bertempat di Desa Bekawan Kecamatan Mandah, Jum'at (23/09/2022).

    Pembukaan Festival Menongkah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bekawan bersama Bangun Desa Payung Negeri (BDPN) Inhil ini dalam rangka memperingati hari Ozon sedunia. 

    Acara ini juga disejalankan dengan kegiatan aksi menanam 1.000 bibit mangrove dan penyerahan bantuan 200 papan tongkah untuk nelayan.

    Foto: Bupati Inhil dan forkopimda serta unsur Pemdes Bekawan menanam 1000 bibit mangrove

     

    Bupati Inhil HM. Wardan dalam sambutannya mengatakan menongkah kerang merupakan tradisi leluhur masyarakat suku Duanu yang juga dikenal sebagai suku orang laut, yang pernah berjaya di masa lalu dan dicatat dalam sejarah dunia dan terus menunjukan eksistensinya di tengah masyarakat.

    Dikatakan Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga dan Kebudayaan terus memberikan perhatian kepada kebudayaan Menongkah ini.

    "Tadi kita lihat bersama tarian Mut Tiangan (Menangkap Kerang) yang ditampilakan, untuk itu saya berharap kepada Dinas Pariwisata agar mengangkat tarian ini menjadi tarian daerah kabupaten Indragiri Hilir,"  ungkap Bupati.

    Foto: Bupati Inhil HM Wardan menyerahkan piala kepada pemenang lomba menangkap kerang terbanyak

     

    Di tambahkan Bupati, dalam perjalanannya Festival Menongkah sudah dua kali mendapat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu pada 2008 untuk rekor peserta menongkah terbanyak dan 2016 rekor mandi diatas papan tongkah terbanyak.

    "Kita terus berupaya menjadikan festival menongkah sebagai salah satu wisata budaya yang menarik wisatawan luar, sehingga nantinya mampu mengangkat sektor pariwisata di Indragiri Hilir," tutup Bupati dua periode. (LK/Har) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Buka Festival Menongkah di Desa Bekawan, Bupati Wardan: Leluhur Suku Duanu tercatat dalam sejarah dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar