Oleh-Oleh Khas Riau Kota Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Provinsi Riau merupakan salah satu dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Riau ini juga merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang berada di bagian tengah Pulau Sumatera di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu sepanjang pesisir Selat Malaka. Provinsi Riau Terkenal dengan Kebiasaan dan adat istiadat. Provinsi Riau dikenal sebagai bumi Lancang Kuning.

    Ada tiga kemungkinan asal mulanya penyebutan kata Riau menurut Sastrawan Hasan Junus. Pertama, Toponomi Riau berasal dari penamaan orang portugis yang di artikan sebagai sungai. Kedua, Tokoh Sinbad al-Bahar dalam kitab Alfu Laila Wa Laila meyebutkan “Riahi” untuk suatu tempat di Pulau Bintan. Ketiga, Riau diambil dari kata “Rioh” atau “Riuh”  yang di artikan hiruk-pikuk atau banyak orang bekerja.

    Provinsi Riau terbentuk tahun 1958. Provinsi Riau terpecah menjadi dua wilayah pada tahun 2002 yang terpisah menjadi wilayah Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi Riau memiliki peninggalan kerajaan seperti Istana Siak Sri Indrapura, Kerajaan Indragiri, Kerajaan Pelalawan, Kerjaan Riau Lingga. Provinsi Riau juga terkenal di bidang kuliner khas, yakni Asam Pedas Ikan Patin.

    Riau memiliki kebiasaan mandi balimau untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Di dalam lambang Provinsi Riau terdapat makna. Yaitu di dalam perisai terdapat gambar padi, kapas, gelombang laut, perahu lancang kuning, dan keris. Rangkaian rantai berjumlah 45 yang mempunyai arti tahun kemerdekaan Indonesia. Padi dan Kapas mempunyai arti kesejahteraan rakyat. Gelombang Laut yang berjumlah lima mempunyai arti Pancasila sebagai dasar negara.

    Perahu Lancang Kuning mempunyai arti semangat rakyat di Provinsi Riau dalam mencari hasil laut. Keris Berhulu kepala burung serindit mempunyai arti kepahlawanan rakyat Riau berdasarkan kebenaran dan Kebijaksanaan. Peninggalan sejarah kerajaan di Provinsi Riau yakni, Masjid Raya Pekanbaru, Makam Mahrum Bukit dan Mahrum Pekan, Kompleks Istana Siak Sri Indrapura, Bukit Batu, Balai Kerapatan Tinggi, Masjid Jamik Air Tiris dan masih banyak lagi. Jika berlibur ke Provinsi Riau jangan sampai kelewatan dengan oleh-oleh khas Provinsi Riau.

    1 . Batik Corak Riau

    Batik Corak Riau memiliki khas dengan corak khas yakni motif Melayu Riau. Batik ini dibuat dengan cara tradisional buatan tangan dengan menggunakan alat canting.

    2 . Lempuk Durian

    Lempuk Durian merupakan dodol yang terbuat dari bahan dasar durian dan memiliki tekstur kenyal. Lempuk Durian dibuat dengan cara tradisional. Lempuk Durian Merupakan salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib di coba dan di bawa pulang.

    3 . Bolu Kemojo

    Bolu Kemojo termasuk sejenis kue basah khas Riau yang dibuat dengan cara tradisional dan terdiri dari bahan-bahan tepung, gula pasir, santan, telur, dan mentega.

    4 . Keripik Nanas

    Provinsi Riau Merupakan daerah yang banyak memiliki tanaman nanas. Nanas dapat diolah menjadi makanan seperti keripik nanas. Keripik nanas dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat yang berada jauh karena keripik nanas lebih tahan lama.

    5 . Dodol Kedondong

    Kedondong tidak hanya menjadi campuran dalam pembuatan makanan rujak, tapi kedonong bisa dibuatkan dodol kedondong. Dodol Kedondong memiliki rasa asam dan manis.

    6 . Lapek Bugi

    Lapek Bugi dibuat dalam bentuk segitiga dan berbahankan beras ketan yang dihaluskan. Dan dicampur dengan kelapa yang sudah di masak dengan gula. Sehingga membuat lapek bugi memiliki rasa manis.

    7 . Ikan Asap Selais

    Ikan Asap Selais merupakan makanan yang banyak diminati oleh wisatawan saat mengunjungi Kota Pekanbaru Provinsi Riau.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh-Oleh Khas Riau Kota Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar