Jalin Silaturahmi, Kapolres Inhil Kunjungi Lapas Tembilahan

Daftar Isi

    Foto: Kalapas dan Kapolres Inhil sedang berbincang. (Dok. Humas) 

     

    Lancang Kuning, INHIL - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tembilahan meminta bantuan tambahan pengamanan dari personel Polres Indragiri Hilir (Inhil).

    Hal itu disampaikan Julianto Budhi Prasetyono BcIP SSos selaku Kalapas Tembilahan saat menerima kunjungan silaturahmi Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK bersama rombongan, Jum'at sore (12/8/2022) di Lapas Kelas 2A Tembilahan Jalan Prof. M. Yamin Kelurahan Sungai Beringin Tembilahan.

    Perbincangan di ruangan kerja Kalapas Tembilahan membahas seputar hobi, Isu nasional, hingga permasalahan pekerjaan di Lapas Kelas IIA Tembilahan.

    Dalam perbincangan itu, Kepala Lapas Kelas 2A Tembilahan, Julianto Budhi Prasetyono memaparkan jumlah data narapidana (napi) dan tahanan.

    "Lapas Kelas 2A Tembilahan memiliki ruangan sel sebanyak 45 dengan jumlah total keseluruhan warga binaan di Lapas Kelas 2A Tembilahan sebanyak 888 orang yang berstatus diantaranya 101 orang tahanan dan 766 narapidana," paparnya.

    Dengan rincian tahanan laki-laki sebanyak 91 orang, tahanan perempuan sebanyak 4 orang, tahanan anak-anak sebanyak 6 orang dan napi laki-laki sebanyak 766 orang, napi perempuan sebanyak 21 orang.

    "Jumlah warga binaan yang ada saat ini melebihi kapasitas yang mana untuk daya tampung Lapas Kelas 2A Tembilahan hanya sebanyak 215 orang, Untuk itu, Kami berharap kepada Kapolres Inhil agar dapat memberikan bantuan personil pengamanan mengingat terbatasnya total jumlah personil Lapas Kelas 2A Tembilahan khususnya di tugas piket jaga," jelas Budhi.

    Selain itu juga diharapkan agar dapat meningkatkan kegiatan sambang dan patroli ke Kantor Lapas Kelas 2A Tembilahan khususnya pada jam – jam rawan.

    "Guna menghindari niat atau keinginan dari tahanan maupun narapidana untuk mencoba melarikan diri," katanya.

    Saat ini Lapas Kelas 2A Tembilahan juga memiliki ruangan atau sel khusus yang disebut sebagai Blok Pengendali Narkoba (BPN) yang berfungsi untuk menekan aktivitas warga binaan yang berpotensi akan mengendalikan peredaran narkoba dari dalam Lapas.

    "Lapas Kelas 2A Tembilahan juga terdapat ruang tahanan yang telah memiliki BPN yakni, Lapas Kelas 2A Pekanbaru, Lapas Kelas 2A Bangkinang dan Lapas Kelas 2A Bengkalis," tambahnya.

    Terkait beberapa permasalahan yang disampaikan oleh Kepala Lapas Kelas 2A Tembilahan, Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK beserta rombongan menerima secara baik masukan yang disampaikan dan akan mencarikan solusi atas permasalahan.

    "Sinergi ini penting, artinya kami saling menguatkan dan kami siap membantu dalam pelaksanaan pengamanan di Lapas, sekaligus merupakan wujud dari antisipasi kerawanan yang ada didalam Lapas Tembilahan,” kata AKBP Norhayat. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jalin Silaturahmi, Kapolres Inhil Kunjungi Lapas Tembilahan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar