Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi Pekanbaru

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Hampir semua program studi atau jurusan di perguruan tinggi negeri maupun swasta mengharuskan mahasiswanya mengikuti program magang. Bahkan, magang sudah dimulai dari bangku sekolah kejuruan atau SMK dengan istilah praktik kerja lapangan maupun praktik kerja indurstir (Prakerin).

    Tak hanya di lembaga pendidikan vokasi atau kejuruan, sejumlah perusahaan juga menerapkan sistem magang kepada karyawan baru untuk melihat kinerja dan potensi yang ada. Jika baik, kemungkinan untuk diterima sebagai karyawan tetap dengan posisi yang dilamar dan gaji menggiurkan tentu terbuka lebar.

    Magang merupakan proses latihan kerja yang menerapkan kompetensi atau pengetahuan dari bangku pendidikan di dunia kerja. Sehingga, mahasiswa dapat memahami dunia kerja yang profesional serta sistemnya.

    Bagi mahasiswa atau siswa SMK, program magang menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja sesungguhanya. Selain itu, berbagai ilmu serta pengalaman akan diperoleh di masa magang. Mahasiswa akan dibimbing, dan dilatih untuk meningkatkan keterampilan serta keahlian di bidang keilmuan yang ditekuninya.

    Tak hanya itu, ada banyak manfaat lainnya dari program magang yang bisa diperoleh mahasiswa. Di antaranya, yakni sebagai berikut:

    1. Kompetensi dan Wawasan Meningkat

    Magang layaknya gerbang awal untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Lewat magang kamu diberi kesempatan untuk lebih dulu melihat, memahami, dan mempelajari sistem kerja sehingga semakin siap bekerja setelah lulus.

    Yang terpenting, ada banyak kompentensi dan wawasan yang bisa kamu peroleh serta ditingkatkan terkait jurusan atau bidang keilmuan yang kamu tekuni. Kamu akan dengan sendirinya terbiasa pada sistem kerja dan pembagian tiap tugas di divisi-divisi perusahaan.

    2. Pertemanan dan Relasi Berkembang

    Dalam dunia kerja, relasi maupun pertemanan sangat berperan penting. Saat mengikuti program magang, kamu akan berkesempatan untuk bertemua wajah-wajah baru yang memiliki latar belakang beragam.

    Tak hanya hubungan secara personal, mengikuti program magang akan mengembangkan dan memperluas pertemanan dan relasi dari berbagai latar belakang.

    3. Keterampilan Terlatih

    Saat mengikuti program magang, kamu akan mendapat sejumlah tugas yang sesuai dengan keahlian, kompetensi, dan keterampilan atau berdasarkan divisi tempat magang tersebut. Secara tidak langsung, tugas-tugas yang diberikan akan melatih keterampilan kamu dalam bentuk praktis maupun khusus dalam proses pengerjaannya.

    Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempelajari, meningkatkan keterampilan, dan mengasahnya menjadi lebih baik dan efektif lagi. Nantinya, keterampilan tersebut akan berguna untuk diterapkan du dunia kerja yang sebenarnya.

    Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi

    Ilmu komunikasi menjadi satu dari jurusan yang mengharuskan mahasiswanya mengikuti program magang. Biasanya, jurusan ilmu komunikasi magang di industri media, baik itu pertelevisian, media cetak, media digital, radio, bahkan di instansi pemerintahan di divisi dokumentasi, humas atau public relations. Sebab, jurusan ilmu komunikasi tidak terlepas dari media publikasi dan dokumentasi.

    Jurusan ilmu komunikasi mempelajari tentang cara menyampaikan pesan secara efektif melalui media kepada penerima pesan. Tak hanya tentang berbicara, komunikasi juga erat dengan ilmu menulis untuk mencetak jurnalis atau wartawan-wartawan handal yang mampu mengolah informasi serta disajikan dalam bentuk yang informatif dan komunikatif.

    Mahasiswa ilmu komunikasi dapat memilih tempat magang yang sesuai dengan keahlian atau konsentrasinya. Misalnya jurusan jurnalistik, media pemberitaan baik cetak maupun digital. Jika kamu berada di konsentrasi broadcasting, kamu bisa magang di media pertelevisian, dan bagi kamu yang berkonsentrasi di public relation, perusahaan adalah tempat yang tepat bagi melatih kemampuanmu.

    Kendati begitu, perusahaan IT Sofware Development juga menjadi tempat magang yang tepat untuk mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Satu di antaranya Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT Software Development dan sudah berdiri sejak 2013.

    Saat ini, Garuda Cyber Indonesia membuka program magang untuk mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Di Garuda Cyber Indonesia kamu akan dilatih dan dibimbing oleh mentor atau pembimbing profesional serta berpengalaman. Kamu akan dilatih menjadi jurnalis, brodcaster, dan public relation yang handal dan siap bekerja.

    Untuk Informasi masih lebih lanjut, kunjungi Garuda Cyber Indonesia di Jalan HR Soebrantas, Panam, Pekanbaru.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar