Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Pekanbaru

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Praktik kerja lapangan atau dikenal dengan istilah magang di perguruan tinggi merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus diikuti mahasiswa di hampir seluruh jurusan atau program studi. Magang menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa untuk mendapat gelar sarjana. Bahkan, program magang sudah dimulai bagi siswa di sekolah kejuruan negeri maupun swasta.

    Selain itu, tingginya tingkat persaingan yang menuntut keahlian di dunia kerja membuat proses magang jadi suatu keharusan. Lalu, apa itu magang?

    Magang sudah diatur melalui ketentuan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan dan juga sudah tertera dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Jika disederhanakan, program magang merupakan sistem latihan kerja terpadu di bawah bimbingan serta diawasi instruktur yang profesional juga berpengalaman.

    Pada sekolah kejuruan yakni SMK, magang disebut dengan praktik kerja lapangan atau disebut pula praktik kerja industri (Prakerin). Biasanya siswa SMK menjalani program magang di bangku kelas 3 sebagai persyaratan utama dalam menyelesaikan pendidikan SMK.

    Manfaat Magang

    Sebagian besar mahasiswa maupun siswa SMK akan menganggap magang hanya untuk memenuhi persyaratan untuk lulus di sekolah atau perguruan tinggi. Tapi sebenarnya, ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari program magang yang diikuti. Apa saja? Berikut di antaranya:

    1. Pengalaman Kerja

    Pertama, manfaat yang pastinya akan kamu peroleh dari program magang adalah pengalaman kerja. Di dunia kerja, pengalaman kerja sangat berharga. Pengalaman kerja sangat dibutuhkan saat kamu benar-benar memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan sesuai bidang atau jurusan kamu.

    2. Kembangkan Keterampilan

    Selama menjalani program magang, kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sesuai bidang keahlian kamu akan terbuka lebar. Ada banyak keterampilan yang bisa diperoleh saat magang, bahkan yang belum pernah kamu pelajari di bangku kuliah.

    3. Tingkatkan Kepercayaan Diri

    Manfaat selanjutnya saat mengikuti program magang adalah meningkatnya rasa kepercayaan diri, terutama saat kamu mulai memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Berbagai ilmu yang diperoleh saat magang tentunya menjadikan kamu lebih siap menapaki dan melangkah ke jenjang karir selanjutnya setelah lulus.

    Magang Jurusan Manajemen Pemasaran

    Salah satu jurusan yang mengharuskan mahasiswanya mengikuti program magang adalah manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah jurusan yang mempelajari tentang analisis perencanaan, pengendalian, implementasi atas setiap program yang dibentuk untuk membangun, menciptakan, dan menjaga transaksi atau pertukaran agar menguntungkan bagi konsumen dan perusahaan. Sehingga, tujuan yang menjadi target perusahaan dapat tercapai.

    Manajemen pemasaran juga mempelajari tentang pengembangan pembeli atau konsumen, pergerakan suatu produk mulai dari produsen sampai pada tangan konsumen. Termasuk, memahami perilaui hingga dinamika pada konsumen. Serta, mengenai teori harga, analisa permintaan, segmentasi pasar, media dan metode periklanan, juga berbagai aspek yang dibutuhkan dalam proses pemasaran.

    Mahasiswa jurusan manajemen pemasaran akan banyak membahas tentang kegiatan dalam proses pemasaran, mulai dari strategi dan perencanaannya, pelaksanaan hingga evaluasi. Mahasiswa jurusan manajemen pemasaran dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif, mengingat kegiatan pemasaran cenderung mengikuti tren dan memanfaatkan teknologi.

    Di industri kerja, lulusan manajemen pemasaran menjadi penentu kesuksesan perusahaan dalam mencapai targetnya, baik dalam penjualan produk barang maupun jasa hingga jangkauan konsumen dengan skala yang lebih luas.

    Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Pekanbaru

    Sebagai salah satu jurusan yang mengharuskan mahasiswanya mengikuti magang, umumnya perguruan tinggi akan menentukan tempat magang. Namun, tidak sedikit yang membebaskan mahasiswanya memilih tempat magang.

    Di Pekanbaru, Garuda Cyber Indonesia membuka program magang untuk mahasiswa jurusan manajemen pemasaran. Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT Software Development yang berdiri sejak 2013.

    Hingga kini, Garuda Cyber telah mendukung mahasiswa dari berbagai jurusan di perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan atau SMK, termasuk manajemen pemasaran. Di Garuda Cyber Indonesia, kamu akan diajarkan dan dilatih untuk siap bekerja di dunia kerja yang sesungguhnya di bawah bimbingan instruktur muda berpengalaman dan profesional di manajemen pemasaran.

    Syaratnya, kamu hanya perlu melengkapi persyaratan, seperti surat rekomendasi dari perguruan tinggi atau SMK.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Manajemen Pemasaran Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar