Tempat Magang Jurusan Teknik Komputer Padang

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Untuk mahasiswa maupun siswa sekolah kejuruan atau SMK, magang adalah suatu keharusan yang harus dijalani. Magang menjadi satu dari syarat wajib yang harus dipenuhi untuk lulus dari sekolah dan memperoleh gelar sarjana di perguruan tinggi.

    Selain itu, tingginya kebutuhan sumber daya manusia berkualitas seiring tingginya tuntutan di dunia kerja menjadikan program magang menjadi suatu keharusan yang harus dijalani bagi mahasiswa. Bahkan, jadi sesuatu yang berharga serta sebagai bekal saat akan memasuki dunia kerja sesungguhnya.

    Magang merupakan proses latihan kerja yang menerapkan kompetensi atau pengetahuan dari bangku pendidikan dalam dunia kerja. Dengan adanya program magang, mahasiswa akan memahami dunia kerja yang profesional dan sistemnya pula.

    Jika di tingkat perguruan tinggi di sebut magang, maka di sekolah SMK magang punya istilah lain, yakni praktik kerja lapangan (PKL) atau praktik kerja industri (Prakerin). Siswa SMK hingga mahasiswa diharuskan untuk menjajal dan langsung merasakan dunia kerja melalui program magang. Diharapkan, magang dapat menjadi bekal dan menjadikan peserta magang memiliki kualitas saat melangkah ke dunia kerja.

    Akan ada banyak pengalaman yang bisa diperoleh selama mengikuti program magang. Mahasiswa akan terlatih dalam memecahkan suatu masalah, dibimbing mentor profesional, mendapatkan sertifikat dan tidak menutup kemungkinan juga memperoleh uang saku dari perusahaan.

    Kendati telah banyak perusahaan yang membuka program magang, namun tidak semua sesuai dengan jurusan. Sehingga, dibutuhkan ketelitian dalam memilih tempat magang yang tepat. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan sebagai tempat magang, di antaranya:

    1. Kenali Tempat Magang

    Saat mencari tempat magang, pastikan perusahaan yang akan dipilih sesuai dengan keinginan. Kemudian, buatlah daftar yang menjadi kriteria yang sesuai dengan keinginan, mulai dari durasi magang, hingga peluang menjadi karyawan tetap.

    2. Posisi Magang Sesuai Jurusan dan Passion

    Magang tak hanya bertujuan untuk memperoleh pengalaman, tapi juga mendalami keahlian sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus. Karenanya, pastikan posisi yang dipilih sesuai dengan jurusan dan passion. Jika kamu jurusan teknik komputer, cobalah untuk mendaftar magang dengan posisi sebagai teknisi komputer atau pekerjaan yang berkaitan dengan keahlian.

    3. Kredibilitas Tempat Magang

    Ketika memilih perusahaan sebagai tempat magang, ada baiknya untuk memeriksa kredibilitasnya  lebih dulu. Kredibilitas perusahaan dapat dilihat dari ulasan atau testimoni, dan nilai kepercayaan masyarakat maupun klien.

    Kredibilitas penting untuk diketahui agar mahasiswa magang terhindar dari eksploitasi kerja. Selain itu, magang di tempat atau perusahaan dengan kredibilitas baik akan menyempurnakan pengalaman magang serta kemampuan bekerja yang mempuni.

    4. Perhatikan Tugas dan Posisi Kerja

    Setelah menemukan tempat magang yang tepat sesuai dengan jurusan, selanjutnya perhatikan pula job description atau tugas kamu sebagai mahasiswa magang di posisi yang ditempatkan dengan detail.

    5. Durasi Magang

    Meski magang merupakan kesempatan emas  untuk memperoleh pengalaman dan memperdalam ilmu atau kompetensi, tapi tidak perlu memaksa diri sendiri untuk mengikuti durasi magang yang tidak sesuai dengan kemampuan. Umumnya, program magang berdurasi 3 sampai 6 bulan dengan waktu yang fleksibel.

    Tempat Magang Jurusan Teknik Komputer Padang

    Salah satu jurusan yang mengharuskan siswa SMK dan mahasiswa untuk mengikuti program magang adalah teknik komputer. Teknik komputer mempelajari ilmu yang berintergrasi dengan teknik elektro dengan komputer guna pengembangan sistem pada perangkat lunak, perangkat keras, serta jaringan komputer.

    Sehingga, tempat magang yang cocok untuk jurusan teknik komputer adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi atau IT pula.

    Di Padang, sejumlah perusahaan membuka program magang untuk jurusan teknik komputer. Satu di antaranya adalah Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia adalah perusahaan IT Software Development yang sudah berdiri sejak 2013.

    Sejak membuka program magang, Garuda Cyber Indonesia telah banyak melatih dan membimbing mahasiswa dan siswa SMK untuk menjadi tenaga ahli di bidang teknik komputer. Untuk dapat magang di sini, kamu hanya perlu mempersiapkan persyaratan dan mengikuti ketentuan yang diberlakukan Garuda Cyber Indonesia.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Teknik Komputer Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar