Tempat Magang Jurusan Teknik Komputer Jambi

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Di era digitalisasi seperti saat ini yang seiring dengan revolusi industri 4.0 di Indonesia, jurusan terkait teknologi informasi kian dibutuhkan di dunia kerja bahkan untuk segala sektor. Terlebih lagi, saat ini hampir semua pekerjaan, kebutuhan, hingga aktivitas sehari-hari dipengaruhi oleh teknologi informasi.

    Alhasil, teknologi informasi saat ini seakan tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Inilah yang menyebabkan tenaga ahli untuk bidang ini kian diperlukan.

    Tidak heran jika hingga kini, jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi selalu dibanjiri peminat di perguruan tinggi bahkan mulai dari sekolah kejuruan atau tingkat SMK. Salah satunya, jurusan atau program studi (Prodi) teknik komputer.

    Tingginya peminat untuk jurusan ini, membuat persaingannya semakin ketat pula. Kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang calon mahasiswa atau siswa agar dapat lolos dan masuk jurusan teknik komputer.

    Teknik Komputer merupakan jurusan yang mempelajari tentang gabungan teori dengan strategi dalam penerapan keilmuan komputer. Mulai dari teknik pemrograman hingga analisis dalam bentuk algoritma pada software.

    Secara umum, teknik komputer merupakan jurusan yang mempelajari disiplin ilmu tentang rekayasa pada komputasi dan hasil dari kombinasi Ilmu teknik elektro dan ilmu komputer serta saling berhubungan.

    Disiplin keilmuan untuk teknik komputer itu kokoh dan berdiri dari sejumlah teori serta sejumlah prinsip pada komputasi dan matematika, serta rekayasa, yang kemudian diaplikasikan dalam merancang perangkat lunak maupun keras, jaringan, instrumen dan peralatan komputerisasi lain tentunya.

    Begitu tingginya kebutuhan akan ahli teknik komputer membuat sejumlah perusahaan bahkan membuka program internship atau magang, maupun praktik kerja lapangan (Prakerin) di sekolah tingkat kerujuan.

    Di tempat magang, mahasiswa atau jurusan teknik komputer dapat berlatih bekerja. Di antaranya untuk posisi sebagai berikut ini:

    1. Software Developer

    Magang sebagai untuk posisi software developer, kamu akan lebih memahami tentang bahasa komputer, seperti Java, HTML, Python, C++, dan tentunya PHP.

    Umumnya, software developer bertugas menulis serta men-debug kode-kode agar pada aplikasi yang digerakkan, selanjutnya memodifikasi software atau peragkat lunak, hingga menguji dan mendokumentasikan aplikasi tersebut.

    2. Software Architect

    Saat magang di divisi ini, kamu tentunya membutuhkan pengetahuan yang lebih luas mengenai perangkat lunak sampai bahasa pengkodean yang berbeda-beda, dan memahami pola-pola juga prinsip untuk desain. Terutama, jika perusahaan tempat kamu magang menggunakan standar dari segi teknis.

    3. Devops Engineer

    Jika kamu diposisikan sebagai devops engineer saat magang, artinya kamu akan belajar sebagai jembatan untuk pengembang, tim operasi dan staf IT. Umumnya, devops engineer bertugas membangun sebuah alat dan pengembangan infrastruktur, menganalisi dan menguji kode sebelum diterapkan, bekerja dalam mengotomatisasi pengembangan serta memantau proses untuk seluruh pengembangan pada software.

    4. Security Engineer

    Kamu yang magang di posisi security engineer akan dilatih untuk bertanggung jawab dalam penerapan strategi yang baik guna melindungi agar jaringan di internal perusahaan terhindari dari kebocoran.

    5. Teknisi Jaringan

    Posisi yang paling sering ditempati mahasiswa jurusan teknik komputer saat magang adalah teknisi jaringan. Meski kamu sudah terlatih, di posisi ini kamu akan semakin terampil dalam membenahi seluruh kesalahan yang menyebabkan jaringan wifi atau internet di perusahaan terganggu.

    Tempat Magang Jurusan Teknik Komputer Jambi

    Bagi kamu yang berada di Jambi dan akan mengikuti program magang. Tentu sudah saatnya mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang membuka program magang untuk jurusan teknik komputer. Terlebih lagi, magang menjadi syarat kelulusan di perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan.

    Meski kebanyakan kampus menentukan perusahaan sebagai tempat magang, namun tidak sedikit yang membebaskan mahasiswanya dalam memilih tempat magang.

    Salah satu perusahaan yang membuka program magang adalah Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT.

    Saat ini Garuda Cyber Indonesia tengah membuka kesempatan magang bagi mahasiswa maupun siswa sekolah kejuruan untuk jurusan teknik komputer. Di Garuda Cyber Indonesia kamu akan dilatih dan dibimbing oleh instruktur atau mentor yang berpengalaman serta profesional.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Teknik Komputer Jambi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar