Kakanwil Kemenag Riau: Hakim dan Panitera MTQ Merupakan Tugas Mulia

Daftar Isi

    Foto: Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin (nomor dua dari kiri, batik coklat)

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU –  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin memberikan apresiasi atas kegiatan Orientasi Pembekalan Hakim dan Panitera pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XL Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 yang ditaja oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau.

    Mahyudin menyampaikan, tugas sebagai seorang dewan hakim dalam MTQ tentu tugas yang sangat mulia karena dapat menemukan kader-kader yang terbaik untuk diutus pada MTQ tingkat nasional.

    Begitu pula panitera, lanjut Mahyudin juga merupakan tugas mulia karena dapat menjaga situasi kondusif dan menjaga sirkulasi penilaian yang akan dilakukan oleh para dewan juri. 

    "Menjadi dewan hakim bukan tugas yang mudah, karena harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Dewan hakim juga harus punya integritas yang tinggi untuk melakukan tugasnya," ujar Mahyudin saat Pembekalan Hakim dan Panitera MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Jumat (22/7/2022) malam. 

    Oleh karena itu, Ketua Dewan Hakim MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 ini mengatakan bahwa tugas yang sangat berat ini memerlukan integritas tinggi untuk menghasilkan peserta yang berkualitas. 

    "Sehingga transparansi yang tadi sampaikan bisa terwujud dalam rangka memberikan penilaian-penilaian kepada para peserta selama mengikuti MTQ yang ke-40 ini yang kita laksanakan di Kabupaten Rokan Hilir," harapnya. 

    Tidak lupa, Ia juga mengingatkan kepada hakim dan panitera untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan profesional, bersikap jujur, adil dan dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya. 

    "Ini perlu saya ingatkan karena ini tugas mulia, saya kira tentu apa yang kita lakukan selama memberikan penilaian kepada peserta akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT," tuturnya. 

    Dalam kesempatan ini, Mahyudin juga melaporkan bahwa total hakim dan panitera yang bertugas pada MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 sebanyak 164 orang terdiri dari pengawas 4 orang, dewan hakim 7 orang, hakim nasional 9 orang, ketua majelis hakim 9 orang, majelis hakim 109 orang, hakim lampu 8 orang dan panitera 18 orang. 

    Sedangkan peserta yang sudah disahkan untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 di Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 581 orang. 

     

    (Mediacenter Riau/aaa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kakanwil Kemenag Riau: Hakim dan Panitera MTQ Merupakan Tugas Mulia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar