DPRD Riau Dukung Gubri Surati Presiden Cabut Kebijakan Larangan Ekspor CPO

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-DPRD Riau seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti mendukung kebijakan Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi yang menyurati Predien Joko Widodo permohonan mencabut kebijakan larangan ekspor CPO. 

    Dirinya menilai kebijakan ini sangat berdampak terhadap nasib dan kesejahteraan petani sawit di Provinsi Riau. Tak hanya itu, dirinya juga meminta Walikota dan Bupati turut menyurati Presiden agar kebijakan ini dibatalkan.

    "Kita dukung langkah Pak Gubernur yang sudah bersurat kepada Presiden. Kita sarankan bahwa pertemuan ini jangan hanya berbentuk diskusi saja, kita minta bupati juga melakukan aksi yang serupa untuk mengirimkan surat yang sama kepada presiden agar kebijakan larangan CPO ini bisa dicabut," kata dia Poti.

    Dikatakan Poti, kondisi riil yang saat ini terjadi berdasarkan pengakuan dari dunia usaha bahwa TBS sawit yang berada Pabrik Kepala Sawit (PKS) sudah dalam kondisi over kapasitas. Akibatnya PKS tidak dapat lagi menampung sawit yang berasal dari kebun petani. "Tadi disampaikan langsung, bahwa CPO tidak ada yang beli. Penampungan tengki yang ada di PKS sudah over. Tidak bisa dijual. Akibatnya berimbas pada petani sawit," ujarnya.

    Sebelumnya bersama Gubernur Riau, Walikota dan Bupati se-Provinsi Riau, asosiasi sawit serta pihak dunia usaha membahas kebijakan larangan ekspor crude palm oil (CPO) oleh Pemerintah pada 28 April 2022 lalu, yang mengakibatkan harga TBS sawit terjun bebas.

    Pada rapat tersebut juga dititikberatkan terkait pengawasan pemerintah daerah soal penetapan harga. Gubernur Riau sudah menyampaikan kepada pemerintah kabupaten/kota melalui surat edaran (SE). 

    "Hari ini, Pemprov Riau baru menetapkan harga plasma dan KKPA, untuk harga sawit petani swadaya masyarakat belum ditetapkan. Kita minta kepada Bupati untuk menghimpun kelompok petani swadaya untuk bermitra dengan PKS-PKS di Riau," katanya.(adv)


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel DPRD Riau Dukung Gubri Surati Presiden Cabut Kebijakan Larangan Ekspor CPO
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar