Doa Menag Yaqut saat Wukuf di Arafah: Indonesia Semakin Jaya

Daftar Isi

    Foto: Menag Yaqut saat bersama jemaah haji di Arafah. (ANTARA)

     

    Lancang Kuning - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  memanjatkan doa khusus pada saat wukuf di Arafah Jumat, 8 Juli 2022, kemarin. Dalam doa yang dipanjatkan, Ketua Umum GP Ansor itu berharap  Indonesia semakin berjaya.

    "Doa khusus saya ingin Indonesia jauh lebih baik lagi dan semakin jaya," kata dia di Arafah, Jumat.

    Ia menyatakan pelaksanaan haji 2022 sebagai istimewa karena selain merupakan haji pertama setelah pandemi COVID-19 juga pengalaman pertamanya sebagai Amirul Hajj.

    "Dan kita mendapatkan haji akbar, kita berdoa langsung kepada Allah," tambah dia.

    Terkait haji akbar, Menag Yaqut berharap, kebinekaan dan perbedaan yang dimiliki Indonesia menjadi suatu kekuatan.

    "Kita semua berdoa dan berharap agar perbedaan yang kita miliki jadi sumber kekuatan bukan menjadi sebuah perpecahan. Mudah-mudahan berkah haji akbar Indonesia akan mencapai itu," katanya.

    Ia juga memastikan layanan untuk jemaah haji tetap berjalan dengan baik. Menag Yaqut bersyukur jemaah tetap sehat dan bisa melaksanakan puncak haji dengan baik.

    "Ungkapan syukur kita karena jemaah dikaruniai kesehatan untuk bisa jalani ibadah di Arafah, mudah-mudahan jemaah sampai akhir prosesi haji tetap sehat baik-baik saja dan lancar dalam semua proses ibadah haji," ujar Yaqut. 

    Menag Yaqut tak bosan mengingatkan jemaah haji agar tetap menjaga kesehatan karena rangkaian haji masih berlanjut hingga 13 Zulhijjah atau 12 Juli 2022.

    "Karena haji ini ibadah fisik jadi harus terpenuhi makanannya, sehat-sehat ya pak," kata dia.

    Pada kesempatan itu, ia juga menyempatkan berinteraksi dengan jemaah, bertanya mengenai  pelayanan yang diterima jemaah selama pelaksanaan haji, terutama terkait dengan makan dan layanan petugas.

    "Makannya bagaimana? Petugasnya galak tidak? Kalau ada petugas nakal laporkan ke saya," katanya kepada jamaah haji asal Tangerang Selatan M. Fadli.

    Fadli yang tergabung dalam Embarkasi JKG 12 mengaku bahagia karena disapa Menag Yaqut. Ia tidak menyangka akan disapa Menag.

    Menurut dia, pelayanan yang diterima sejak tiba di Madinah hingga menjalani puncak haji, wukuf, di Arafah bagus. Eliza, dari Jakarta Utara, mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan, salah satunya layanan kesehatan. Mereka dibekali oralit agar tetap terhidrasi untuk perjalanan selama puncak haji.

    "Kami dikasih oralit, masker disamping obat-obatan yang dibawa sendiri. Alhamdulillah puas," kata dia.

    Sebelumnya, Menag Yaqut juga menyapa jamaah yang dirawat di Pos Layanan Kesehatan Arafah. Ia memberikan semangat kepada jemaah agar cepat sehat dan kembali ke kloter masing-masing untuk bisa kembali beribadah. (Ant)



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Sabtu, 9 Juli 2022 - 10:13 WIB
    Judul Artikel : Doa Menag Yaqut saat Wukuf di Arafah: Indonesia Semakin Jaya
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1495386-doa-menag-yaqut-saat-wukuf-di-arafah-indonesia-semakin-jaya
    Oleh : Dedy Priatmojo

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Doa Menag Yaqut saat Wukuf di Arafah: Indonesia Semakin Jaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar