Dirjen WHO Temui Jokowi: Pandemi Covid-19 Belum Selesai

Daftar Isi

    Foto: Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Selasa (21/6). (Foto: Sekretariat Presiden)

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pandemi Covid-19 belum berakhir kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (21/6).

    Pertemuan Jokowi dan Ghebreyesus diumumkan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, melalui akun YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (21/6), dikutip CNN Indonesia. 

    "Di dalam pembicaraan tadi disampaikan juga oleh Dirjen walaupun situasi kasus covid-19 dunia sudah mendatar, namun beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai dan kita masih memantau terus," kata Retno.

    "WHO masih memantau terus munculnya varian-varian baru," ucap Retno menambahkan.

    Selain itu, Retno mengatakan Ghebreyesus juga memuji penanganan pandemi Covid-19 Indonesia, termasuk program vaksinasinya yang dinilai di atas rata-rata negara lain.

    "Tadi bicara bapak presiden dan juga Dirjen berbicara mengenai masalah vaksinasi, dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement kalau diperbandingkan dengan rata-rata achievement [pencapaian] yang dicapai negara-negara dunia," imbuh Retno.

    Ghebreyesus berada di Indonesia untuk menghadiri agenda 1st G20 Health Minister Meeting and 1st G20 Joint Finance and Finance and Health Ministerial Meeting di Yogyakarta.

    Menurut Retno, Dirjen WHO itu juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam G20.

    "Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20," tegas Retno.

    Indonesia menjadi presidensi G20 pada 2022 dan akan menggelar konferensi tingkat tinggi di Bali pada November mendatang.

    Namun, sebelum pertemuan puncak itu terdapat agenda lain atau side event G20, salah satunya pertemuan antar Menkes tersebut.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dirjen WHO Temui Jokowi: Pandemi Covid-19 Belum Selesai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar