Soal Reshuffle, Seskab: Hari Ini, Besok atau Lusa Terserah Presiden

Daftar Isi

    Foto: Politisi senior PDIP Pramono Anung. (VIVA/Eduward)

     

    Lancang Kuning – Isu perombakan kabinetnya atau reshuffle yang dikabarkan akan dilakukan pada Rabu, 15 Juni 2022 besok semakin menguat. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, mengenai reshuffle kabinet sepenuhnya kewenangan Presiden Joko Widodo.

    Menurut Pramono, Jokowi sangat mengetahui mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet saat ini. Sehingga, siapapun tak bisa mengintervensi keputusan Jokowi.

    "Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

    Pramono tak dapat memastikan apakah reshuffle kabinet itu dilakukan pada Rabu 15 Juni 2022 besok atau kapan.

    Mengenai waktunya, kata Pramono, hanya Jokowi saja yang tahu. Isu yang berkembang, dalam reshuffle yang akan dilakukan nanti akan memberi kesempatan kepada petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) masuk kabinet. Namun, Pramono juga tak bisa menjawab secara pasti mengenai isu tersebut. 

    "Mau kapan, orangnya dari mana partainya apa, kebutuhannya apa presiden yang tahu. Karena pemerintahan ini masih dua taun lagi, sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu, presiden yang memutuskan," ujarnya.

    Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno angkat bicara mengenai gencarnya isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo, yang dikabarkan akan dilakukan pada Juni 2022. 

    Pratikno mengungkapkan, jika nanti dilakukan reshuffle kabinet, hal tersebut semata-semata karena adanya upaya responsif mengatasi permasalahan yang ada.

    "Kita kan fokus ini banyak sekali permasalahan yang harus ditangani secara cepat. Ekonomi global sangat dinamis. Kita harus sangat responsif," kata Pratikno di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 2 Juni 2022. 

     



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 14 Juni 2022 - 17:44 WIB
    Judul Artikel : Soal Reshuffle, Seskab: Hari Ini, Besok atau Lusa Terserah Presiden
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1485162-soal-reshuffle-seskab-hari-ini-besok-atau-lusa-terserah-presiden?terbaru=6
    Oleh : Dusep Malik,Anwar Sadat

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Soal Reshuffle, Seskab: Hari Ini, Besok atau Lusa Terserah Presiden
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar