Tentara Bayaran Rusia dari Afghanistan Terobos Wilayah Timur Ukraina

Daftar Isi

    Foto: Tentara bayaran Rusia dari Suriah. (lenglish.com)

     

    Lancang Kuning – Upaya Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) menggempur wilayah timur Ukraina, akan diperkuat dengan kedatangan sejumlah tentara bayaran. Rusia diyakini akan menambah kekuatannya dengan pasukan yang berasal dari Suriah, Chechnya dan Afghanistan.

    Juru Bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksandr Motuzianyk, mengatakan bahwa saat ini militer Rusia kesulitan menghadapi perlawanan pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU). Terutama, di wilayah timur negara itu.

    Motuzianyk juga menjelaskan pandangannya yang meyakini bahwa Rusia akan segera mendatangkan sejumlah tentara bayaran. 

    Sebagai negara agresor, Rusia disebut Motuzianyk harus memiliki kekuatan militer hingga dua kali lipat dari Ukraina. Jika melihat fakta, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia jelas unggul jauh jika dibandingkan kekuatan militer Ukraina.

    Akan tetapi, saat ini militer Ukraina diklaim Motuzianyk mampu memberikan perlawanan keras terhadap pasukan Rusia. Oleh sebab itu, Motuzianyk meyakini bahwa Rusia akan mencoba menambah kekuatan dengan tentara bayaran, hingga mencapai lima kali lipat di atas Ukraina.

    "Menurut semua aturan operasi ofensif, pihak penyerang harus memiliki setidaknya tiga kali lebih banyak pasukan," ucap Motuzianyk dikutip VIVA Militer dari Ukrinform.

    "Namun mengingat tindakan pertempuran saat ini, tingkat senjata, perlengkapan, kemampuan penerbangan, keunggulan ini setidaknya harus empat atau lima kali lebih besar. Ini lah yang coba dilakukan Rusia,"

    Selain dari Suriah, Chechnya dan Afghanistan, Motuzianyk meyakini pula ada mobilisasi rahasia lain yang dilakukan Rusia untuk mendatangkan tentara bayaran. 

    Seperti yang diketahui, militer Rusia didukung oleh dua kelompok milisi Republik Rakyat Luhansk (LPR) dan Republik Rakyat Donetsk (DPR). (LK)



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 20 April 2022 - 20:40 WIB
    Judul Artikel : Tentara Bayaran Rusia dari Afghanistan Terobos Wilayah Timur Ukraina
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/militer/militer-dunia/1468662-tentara-bayaran-rusia-dari-afghanistan-terobos-wilayah-timur-ukraina?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Radhitya Andriansyah

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tentara Bayaran Rusia dari Afghanistan Terobos Wilayah Timur Ukraina
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar