Sempat Tertahan, Sapi Bantuan Pemprov Riau Mulai Dikirim dari Karantina Bangkalan

Daftar Isi

     
    Foto: Ilustrasi sapi

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Setelah sempat tertahan di Badan Karantina Pertanian, Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), hari ini sapi bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai dikirim ke Provinsi Riau. 

    Sapi bantuan Pemprov Riau itu tertahan karena pihak karantina belum mendapat surat izin dari Kementerian Pertanian, yang mengatakan sapi tersebut boleh masuk ke Riau. Hal itu dikarenakan Riau saat ini tengah dilanda wabah penyakit kulit benjolan atau Lumpy Skin Disease (LSD). 

    "Sapi bantuan Pemprov Riau sudah boleh dikirim. Hari ini diberangkatkan dari Bangkalan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman, Selasa (12/4/2022). 

    Lebih lanjut Herman mengatakan, sapi bantuan Pemprov Riau yang tertahan di Karantina Bangkalan sebanyak 580 ekor. Sapi tertahan lebih kurang selama 9 hari.

    "Sapi kita tertahan lebih kurang 9 hari, sejak tertahan terdapat 11 ekor sapi yang mati karena kelelahan. Itu berdasarkan visum, bahwa sapi mati disebabkan kelelahan," terangnya. 

    Herman menyampaikan, 580 sapi merupakan pengiriman tahap pertama. Sapi itu akan didistribusikan untuk 269 kelompok ternak penerima. Terdiri dari 47 kelompok dari Kabupaten Kuansing, 42 Indragiri Hulu, 29 Indragiri Hilir, 12 Pelalawan, 30 Kampar, 24 Siak, 6 Rokan Hulu, 43 Bengkalis, 35 Rokan Hilir dan 1 kelompok dari Pekanbaru.

    "Nanti begitu sapi sapi di Riau akan dicek kesehatannya terlebih dahulu di Plaza Ternak Pekanbaru. Setelah dipastikan sehat, baru kita didistribusikan kepada kelompok ternak penerima," tukasnya.

    Untuk diketahui, 1.883 ekor sapi bantuan sapi Pemprov Riau itu terdiri dari 269 ekor sapi jantan, dan 1.614 ekor sapi betina. Sedangkan bantuan sapi jenis Madura itu dialokasikan di APBD Riau tahun 2022 sebesar Rp20,9 miliar. (LK/MCR) 

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sempat Tertahan, Sapi Bantuan Pemprov Riau Mulai Dikirim dari Karantina Bangkalan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar