Bikin Nggak Gampang Sakit! Ini 7 Manfaat Ubi untuk Bayi

Daftar Isi

     


    Foto: Freepik/dashu83

    LancangKuning.Com - Bingung mencari menu MPASI yang sehat untuk si Kecil? Enggak perlu repot-repot memikirkan sajian ala Michelin Star, Ma, karena ubi manis pun bisa dijadikan santapan penuh gizi yang sempurna untuk bayi.

    Ya, rasa manis dari ubi sudah pasti disukai bayi, apalagi ubi juga kaya akan karbohidrat dan sumber beta karoten yang baik. Pas banget deh untuk mengisi perut si Kecil.

    Ubi juga kaya akan beberapa nutrisi esensial yang baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Beberapa nutrisi esensial itu adalah potasium, kalsium, juga vitamin A, C, dan B kompleks. Wah, banyak ya nutrisinya? Enggak heran ubi manis ini tepat banget untuk dijadikan menu MPASI, dilansir dari Popmama.com

    Dengan begitu banyaknya nutrisi dalam ubi, bahan makanan yang satu ini juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh anak lho, Ma. Penasaran? Simak beberapa manfaat ubi untuk bayi di bawah ini yuk, Ma.

    1. Melancarkan pencernaan

    Ketika bayi mulai diberikan MPASI, konstipasi adalah risiko yang sangat umum terjadi. Namun jika Mama memberikan puree ubi manis untuk bayi (aman diberikan untuk bayi 6 bulan ke atas), maka ini bisa membantu melancarkan pencernaan lho, Ma.

    Kok bisa ya? Bisa dong, karena ubi memang dikenal sebagai sumber serat alami yang baik untuk bayi. Menurut United Stated Department of Agriculture (USDA), dalam 1 buah ubi ada sekitar 3.9 gram serat. Ini baik untuk si Kecil, Ma.

    2. Meningkatkan imunitas agar tak gampang sakit

    Ubi dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Mengutip Being The Parent, satu buah ubi sudah memenuhi setengah rekomendasi asupan vitamin C harian anak lho, Ma.

    Ubi juga memiliki banyak vitamin dan mineral lainnya, yang tentu juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh bayi. Beberapa di antaranya adalah vitamin A dan E.

    3. Meningkatkan berat badan bayi

    Jika bayi Mama bermasalah dengan kurang berat badan, maka pemberian MPASI berbahan dasar ubi dapat membantu mengatasi masalah ini.

    Ubi adalah makanan sehat yang kaya kalori, sehingga tepat untuk meningkatkan berat badan bayi. Rasa manis alaminya juga pasti disukai anak. Jadi jangan heran ya kalau bayi Mama mau ubi lagi, lagi, dan lagi.

    4. Mengoptimalkan tumbuh kembang

    Begitu banyak vitamin dan mineral yang ada di dalam ubi, tak heran kalau semuanya membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

    Kandungan vitamin D dalam ubi membantu bayi memiliki tulang dan gigi yang kuat, sedangkan vitamin B1, B6, dan B9 membantu mengoptimalkan perkembangan organ-organnya.

    5. Mencegah kanker dan radikal bebas

    Mungkin belum banyak yang tahu kalau makanan murah meriah ini ternyata kaya akan antioksidan. Kandungan ini tentu saja baik untuk mencegah beberapa tipe kanker dan radikal bebas dalam tubuh anak.

    6. Mencegah anemia

    Tak hanya enak, ubi juga dipenuhi dengan kalsium dan zat besi. Dua kandungan ini sangat vital untuk menunjang tumbuh kembang bayi dan anak.

    Kandungan kalsiumnya membantu pertumbuhan tulang dan gigi, sedangkan kandungan zat besi membantu mencegah anemia.

    7. Mengoptimalkan kesehatan mata

    Sudah bukan rahasia lagi, ubi manis yang berwarna oranye ini memang sumber vitamin A yang sangat baik. Ubi juga sumber beta karoten, yang tentu saja baik untuk mengoptimalkan kesehatan mata anak.

    Menurut United States Department of Agriculture (USDA), ternyata 100 gram ubi memiliki 14.187 IU vitamin A. Pastinya ini tepat untuk mencukupi kebutuhan vitamin A si Kecil.

    Yuk, berkreasi dengan MPASI berbahan dasar ubi. Si Kecil pasti suka! (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bikin Nggak Gampang Sakit! Ini 7 Manfaat Ubi untuk Bayi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar