Pemda se Riau Diharapkan Segera Bentuk Tim P3DN

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) se Provinsi Riau untuk segera membentuk tim percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di daerahnya masing-masing.

    Ia menerangkan, hal ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu kepada kepala daerah se Indonesia, di Bali. Jokowi menyampaikan arahan agar target belanja produk dalam negeri dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2022 dapat ditingkatkan.

    Hal ini disampaikan Gubri dalam acara rapat koordinasi (Rakor) P3DN dan pendampingan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Riau serta tindak lanjut sosialisasi UU nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah Berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (31/3/22).

    "Pemerintah Pemprov Riau telah membentuk tim P3DN melalui Keputusan Gubernur Riau nomor KPTS 637/III/2022 tanggal 11 Maret 2022. Diharapkan juga pemerintah daerah se kabupaten/kota se Provinsi Riau dapat segera membentuk tim P3DN di wilayahnya masing-masing," ucapnya.

    Orang nomor satu di Riau ini menginginkan, agar target yang disampaikan Presiden ini harus dilaksanakan. Baik di kementerian, termasuk juga pemerintah provinsi dan pemerintah daerah se Indonesia, khususnya di Provinsi Riau.

    Ia menerangkan, pengadaan barang dan jasa pemerintah harus mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan porsi UMK dan koperasi, serta mempercepat penyerapan APBN dan APBD.

    "Kegiatan rapat koordinasi yang diselenggarakan hari ini sangat tepat, jadi ini tentunya apa yang disampaikan hari ini sudah tepat dan sekaligus ini tentunya menindaklanjuti arahan Bapak Presiden," sebutnya.

    Disamping itu, Syamsuar juga meminta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau agar bekerja keras untuk mempercepat penyerapan anggaran dan pelelangan di OPD masing-masing.

    Karena menurutnya, apa yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo ini harus segera direalisasikan. Tentunya dengan harapan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi harus dapat dicapai.

    "Jadi inilah barangkali yang perlu kita samakan persepsi kita agar tentunya percepatan belanja ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya," terangnya.

    Gubri menyebutkan, saat ini telah diterbitkan surat edaran bersama antara Menteri Dalam Negeri dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah(LKPP) nomor 027/1022/SJ dan nomor 1 tahun 2022 tanggal 25 Februari 2022, tentang gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah.

    Terangnya, dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia tersebut, pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di pemerintah daerah diminta agar gubernur, bupati, wali kota membentuk tim peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

    "Tim tersebut yang beranggotakan unsur pemerintah daerah dan unsur dunia usaha untuk melakukan koordinasi, sosialisasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa di pemerintah daerah masing-masing," tutupnya. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemda se Riau Diharapkan Segera Bentuk Tim P3DN
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar