Berlangsung 5 Hari, Berikut Rangkaian Festival Literasi Riau 2022

Daftar Isi

    Foto: Dok. Humas 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kegiatan festival Literasi Riau 2022 yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Riau bersama tim Jendela Literasi dan Inspirasi Wanita (Jelita) Dispersip Riau, berlangsung selama lima hari mulai tanggal 23 - 27 Maret 2022 di Halaman Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, Rabu (23/3/2022).

    Festival tersebut bertemakan "Berdaya dengan buku menuju masyarakat literasi".

    Pada kesempatan tersebut, Kepala Dispersip Riau, Mimi Yuliani Nazir menyampaikan dalam festival literasi Riau kali ini adanya pameran dan bazar buku. 

    "Pameran yang diikuti oleh penerbit di bawah koordinasi kawah media group seperti yang kita lihat di samping selasar yang ada saat ini kemudian penerbit Erlangga dan penerbit lokal Salma publishing," katanya Kadispersip Riau.

    Selanjutnya, kegiatan bazar pada festival tersebut dengan memfasilitasi UMKM berupa kuliner Melayu dan produk inklusi sosial serta terdapat juga beberapa kegiatan literasi.

    Lebih lanjut, Mimi menerangkan pada pelaksanaan festival juga digelar lomba yang diikuti lebih kurang 168 peserta lomba. Ia menyebutkan, lomba yang digelar pada festival literasi yaitu lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak, lomba bercerita tingkat sekolah dasar.

    Kemudian, lomba pidato tingkat SMP sederajat, lomba siroh nabawiyah untuk tingkat SD, SMP dan SMA, lomba merangkai box arsip, lomba resensi buku karya Soeman HS Provinsi Riau tingkat SMA sederajat, serta lomba pembuatan video profil perpustakaan Soeman HS yang dikategorikan untuk mahasiswa dan umum.

    Selain pameran, bazar, kegiatan literasi dan lomba, dalam festival juga melakukan kegiatan launching buku dari penulis lokal komunitas guru ngopi, juga melakukan bedah buku perpustakaan Soeman HS dan hibah buku serta pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu oleh BAZNAS Provinsi Riau.

    Mimi berharap, kegiatan festival literasi Riau tahun 2022 ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dibawah Dispersip Riau untuk mewujudkan masyarakat Riau cerdas dan bersatu. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berlangsung 5 Hari, Berikut Rangkaian Festival Literasi Riau 2022
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait