Kolonel Dany Rakca Tanya Prajurit TNI: Siapa Sunan Gunung Jati?

Daftar Isi

    Foto: Kolonel Dany Rakca Andalasawan. (Korem 063/SGJ)

     

    Lancang Kuning – Ada yang menarik dalam kegiatan jam komandan yang dilaksanakan di markas Komando Resor Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat. 

    Jadi, pada kegiatan itu Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Infanteri Dany Rakca Andalasawan memberikan sebuah pertanyaan unik kepada prajurit TNI yang mengikuti jam komandan. 

    Menurut keterangan resmi Kepala Penerangan Korem 063/SGJ, Mayor Inf U.S Karlan, ketika itu Kolonel Inf Dany bertanya kepada prajurit TNI tentang sosok ulama besar Nusantara yang pernah menjadi pemimpin di Kesulutanan Cirebon. 

    "Siapa Sunan Gunung Jati," kata Kolonel Inf Dany seperti disampaikan Kapenrem dilansir VIVA Militer, Rabu 16 Maret 2022. Lalu apa jawaban para prajurit TNI?. 

    "Di antara peserta apel tersebut, langsung menjawab bahwa Sunan Gunung Jati merupakan salah satu wali yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa khususnya Cirebon dan salah satu cucu dari Prabu Siliwangi," kata Kapenrem. 

    Pertanyaan itu dilontarkan Kolonel Inf Dany untuk menyegarkan kembali ingatan para prajurit TNI tentang sejarah hidup dari Sunan Gunung Jati. Apalagi mereka bertugas di wilayah yang dahulunya masuk dalam bagian dari Kesultanan Cirebon. Perlu diketahu, jawaban prajurit TNI tentang sosok Sunan Gunung Jati benar adanya. 

    Ulama pemilik nama asli  Syarif Hidayatullah itu memang cucu dari Prabu Dewataprana Sri Baduga Maharaja, Ratu Jayadewata atau Prabu Siliwangi. Jadi, ibu kandung Sunan Jati yaitu Rara Santang adalah putri kandung Prabu Siliwangi hasil pernikahan dengan Subang Larang. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 16 Maret 2022 - 14:59 WIB
    Judul Artikel : Kolonel Dany Rakca Tanya Prajurit TNI: Siapa Sunan Gunung Jati?
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1458065-kolonel-dany-rakca-tanya-prajurit-tni-siapa-sunan-gunung-jati?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kolonel Dany Rakca Tanya Prajurit TNI: Siapa Sunan Gunung Jati?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar