AS Keluarkan Peringatan Lagi, Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Kapan Saja

Daftar Isi

    Foto: Citra satelit tunjukkan Rusia kerahkan lagi pasukan di dekat Ukraina. (ANTARA/2022 Maxar Technologies/HO via REUTERS)


    Lancang Kuning – Walaupun Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan bahwa tidak akan meningkatkan eskalasi ketegangan di Ukraina namun Amerika Serikat (AS) semacam belum meyakininya. Buktinya AS kembali mengeluarkan peringatan bahwa invasi Rusia ke Ukraina bisa terjadi kapan saja. 

    Hal itu terjadi karena Rusia masih menaruh pasukan di perbatasannya dengan Ukraina. AS sebagaimana dilansir dari BBC menyatakan kembali bahwa warga Amerika harus keluar dari Ukraina dalam 2x24 jam. 

    Pada konferensi pers di Gedung Putih pada Jumat, 11 Februari 2022 otoritas AS menyebutkan bahwa invasi bisa terjadi kapan saja dengan serangan udara dan hal itu akan sangat menyulitkan warga sipil bila terjadi.  

    Sementara Moskow berkali-kali sudah menyangkal memiliki rencana menyerang Ukraina namun anehnya tak juga menarik pasukan hingga 100.000 personel itu dari perbatasan negara Rusia-Ukraina. 

    Tak hanya AS sejumlah negara juga sudah meminta warganya keluar dari Ukraina antara lain Inggris, Kanada, Belanda, Latvia, Jepang dan Korea Selatan. 

    Atas hal tersebut Menteri Luar Negeri Rusia kemudian menuduh negara-negara Barat melakukan pembohongan dan menyebarkan disinformasi. 

    Penasihat keamanan AS Jake Sullivan juga mengatakan bahwa Rusia jelas dalam posisi yang dominan dan punya power militer besar apabila terjadi serangan ke Ukraina. Hal itu yang membuat AS terus mengeluarkan peringatan bahaya. 

    "Masa yang akan datang ini kita benar-benar tidak bisa memprediksinya, kita tak tahu apa yang benar-benar akan terjadi namun risikonya amat besar dan ancaman itu benar-benar nyata dan valid," kata Sullivan. 

    Hal itu dia sampaikan usai otoritas AS mengumumkan peringatan kembali soal masih siaganya pasukan Rusia di perbatasan. Selain itu dalam waktu beberapa hari ini diketahui Rusia kembali akan melakukan latihan militer di Laut Hitam. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 - 07:49 WIB
    Judul Artikel : AS Keluarkan Peringatan Lagi, Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Kapan Saja
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/dunia/1448745-as-keluarkan-peringatan-lagi-invasi-rusia-ke-ukraina-bisa-kapan-saja?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel AS Keluarkan Peringatan Lagi, Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Kapan Saja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar