Kasus Aktif COVID-19 di Riau 425 Orang

Daftar Isi

    Foto: Rapat koordinasi terbatas terkait pembahasan perkembangan kasus COVID-19 dan evaluasi PPKM di luar Jawa dan Bali secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (5/2/2022).

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kasus aktif COVID-19 di Provinsi Riau mencapai 425 orang. Dengan rincian, pasien dirawat di rumah sakit tercatat 36 orang, pasien isolasi mandiri (isoman) sebanyak 389 termasuk 20 pasien yang melakukan isolasi terpusat (isoter) di Pekanbaru.

    Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat mengikuti rapat koordinasi terbatas terkait pembahasan perkembangan kasus COVID-19 dan evaluasi PPKM di luar Jawa dan Bali secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (5/2/2022).

    "Sebagian besar [pasien] melakukan isolasi di rumahnya sendiri. Namun, obat-obatan juga diberikan oleh rekan-rekan kita yang ada di Pemerintah daerah kabupaten/kota se-Provinsi Riau," kata Syamsuar. 

    Dijelaskannya, bahwa saat ini kasus COVID-19 tertinggi berada di Kota Pekanbaru. Kendati banyak pasien yang telah melakukan isolasi di rumah masing-masing, ia yakin masyarakat akan patuh protokol kesehatan. 

    Dalam upaya antisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19 telah disiapkan 50 rumah sakit rujukan COVID-19 di Riau. Tidak hanya itu, obat-obatan dan oksigen juga telah dipersiapkan untuk mengendalikan penyebaran virus tersebut. 

    "InsyaAllah kami siap mengendalikan jika terjadi lonjakan penularan COVID-19 di Provinsi Riau," ucap Gubri Syamsuar. 

    Lebih lanjut, Gubri Syamsuar menjelaskan, capaian vaksinasi di Provinsi Riau sudah di atas 88 persen. Setelah mendapatkan arahan dari Menteri Kesehatan, maka Pemprov Riau terus berupaya meningkatkan vaksin dosis ke dua untuk lansia dan anak-anak.

    "Sampai saat ini terus kita tingkatkan [vaksinasi], termasuk juga booster," jelasnya.

    Selain itu Gubri menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah melaksanakan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengaktifkan kembali posko-posko PPKM. "Posko ini sudah mulai kami operasionalkan. Baik posko-posko yang ada di kota maupun posko-posko  kabupaten di Provinsi Riau," tutupnya.

    Rapat koordinasi terbatas tersebut, dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Turut hadir mendampingi Gubri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi (Forkopimda) Riau, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Masrul Kasmy dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus. (LK/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kasus Aktif COVID-19 di Riau 425 Orang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar