Indonesia Peringkat 5 Capaian Vaksinasi COVID-19 Terbanyak

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi vaksin COVID-19. (ANTARA FOTO)

     

    Lancang Kuning – Cakupan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap (vaksin dosis 1 dan 2) di Indonesia, telah mencapai lebih dari 100 juta suntikan. Tepatnya pada 7 Desember 2021, vaksinasi di Tanah Air sudah menembus 100.033.810 jiwa.  

    Capaian tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat 5 negara dengan jumlah terbanyak vaksinasi COVID-19 dosis lengkap, setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat dan Brazil.

    "Dengan capaian, maka cakupan vaksinasi COVID-19 sudah 49 persen dari total sasaran 208,2 juta orang yang harus divaksinasi COVID-19," tulis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Instagram @kemenkes_ri, dikutip VIVA, Senin 20 Desember 2021. 

    Kemenkes lebih lanjut mengatakan, target vaksinasi lengkap untuk 208,2 juta warga akan dicapai pada Maret atau April 2022. 

    "Sedangkan untuk penyuntikan dosis pertama sudah mencakup lebih dari 143 juta warga atau 70 persen dari target 208,2 juta, yang harus dicapai di akhir Januari," tulisnya, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Menurut Kemenkes, capaian tersebut berhasil dicapai berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak. Terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.

    Salah satunya adalah PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang memberikan lebih dari 51 ribu dosis vaksin COVID-19 sepanjang 2021, untuk mendukung percepatan program vaksinasi Pemerintah.  

    Pemberian vaksin tersebut dilakukan melalui Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia yang berlokasi di PRUUniversity, Kota Kasablanka, Jakarta selama 15 April-3 Desember 2021, serta di Kecamatan Soreang dan Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, yang beroperasi pada 25 Oktober-5 November dan 15-26 November 2021.  

    Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia, dr. Dian Budiani, mengungkapkan, pihaknya senantiasa mendampingi masyarakat Indonesia agar bisa mendapatkan yang terbaik di kehidupannya, tak terkecuali dengan membantu agar tetap terlindungi di masa pandemi yang penuh tantangan ini. 

    "Kami bangga dapat menjadi pelopor di industri yang menyediakan proteksi serta berbagai kemudahan tambahan terkait kasus COVID-19, seperti prosedur klaim yang lebih mudah dan penjaminan rawat inap. Selain itu, kami turut berperan aktif mendukung Pemerintah dengan menjadi perusahaan asuransi jiwa pertama yang membuka sentra vaksinasi COVID-19," ujar dr. Dian dalam keterangannya.  

    “Kami sangat bersyukur masyarakat antusias mendatangi sentra vaksinasi kami demi secepatnya menciptakan herd immunity. Selama 15 April hingga 3 Desember 2021, sentra vaksinasi di PRUUniversity telah memberikan lebih dari 47.000 dosis vaksin, sedangkan sentra vaksinasi di Kecamatan Soreang dan Kecamatan Kutawaringin sebanyak 4.660 dosis vaksin," ungkap dr. 

    Dian Budiani.  Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus, sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi.  

    "Capaian vaksin kita tak lepas dari modal sosial masyarakat Indonesia yang tinggi dengan saling bahu-membahu, berpartisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan vaksinasi," kata Budi. (LK)

     


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Senin, 20 Desember 2021 - 19:47 WIB
    Judul Artikel : Indonesia Peringkat 5 Capaian Vaksinasi COVID-19 Terbanyak
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1433634-indonesia-peringkat-5-capaian-vaksinasi-covid-19-terbanyak?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Indonesia Peringkat 5 Capaian Vaksinasi COVID-19 Terbanyak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar